Bogor, Jawa Barat (ANTARA News) - Dinas Kesehatan Kota Bogor tahun ini menambah satu Mobil Curhat untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan konseling kesehatan bagi warga.

"Tahun 2019 ini ada penambahan satu unit Mobil Curhat, jadi sekarang kita punya dua unit," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Rubaeah pada Senin (7/1).

Pemerintah Kota Bogor meluncurkan Mobil Curhat  atau "Mobil Antigalau" pada 6 Juli 2014.

"Mobil curhat sangat diminati masyarakat, setiap operasi melayani 100 sampai 200 orang," kata Rubaeah.

Kegiatan pelayanan konseling gratis yang dijalankan bekerja sama dengan Fakultas Ekologi Manusia IPB itu awalnya mencakup layanan konsultasi mengenai masalah gizi dan keluarga, namun kemudian juga melayani konseling dan deteksi penyakit tidak menular, VCT HIV/AIDS, dan konseling berhenti merokok.

Ia mengatakan Mobil Curhat yang baru juga dilengkapi dengan alat deteksi dini kanker.

"Ada layanan IVA Test, yang biasanya konsultasi gizi, VCT, konseling kejiwaan, sekarang ada layanan untuk kanker," kata Rubaeah.

Dinas Kesehatan akan memperluas jangkauan pelayanan konseling seiring dengan penambahan armada Mobil Curhat, yang biasanya beroperasi keliling wilayah, serta hadir dalam acara-acara yang berlangsung di Lapangan Sempur, sekolah atau pusat perbelanjaan di Kota Bogor.

Baca juga:
Bogor sediakan layanan Mobil Curhat di pusat belanja
Bogor kembangkan aplikasi cek kesehatan pegawai

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019