Pemda diminta BNPB perkuat mitigasi bencana

id pemda diminta BNPB,perkuat mitigasi bencana

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (kanan) berbincang dengan Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api Kristanto (kiri) didampingi staf saat berkunjung ke pos pengamatan Gunung Anak Karakatau (GAK), Anyer, Serang, Banten, Sabtu (12/1/2019). Doni menegaskan sistem peringatan dini di kawasan Selat Sunda harus dibuat terintegrasi dengan sistem pengelolaan pariwisata dan industri yang ada untuk meminimalisir jatuh korban saat terjadi tsunami. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/af/ama.

Pandeglang, Banten (ANTARA News) - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta pemerintah daerah memperkuat mitigasi bencana guna meminimalisasi korban masyarakat pesisir Pandeglang.

"Kita harus meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan," kata Kepala BNPB. Doni Monardo saat meninjau lokasi wisata Sambolo Pantai Carita Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Sabtu.

Dalam kunjungan itu,  juga disertai Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati dan Bupati Pandeglang Irna Narulita, Danrem 064/MY dan Dandim 061 Pandeglang.

Pemerintah daerah dan masyarakat, katanya,harus bersama-sama meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dengan memperkuat upaya-upaya mitigasi bencana.

Di antaranya mitigasi bencana itu dengan membangun fasilitas penunjang, seperti menyiapkan rute-rute evakuasi dan melakukan tata ruang yang berbasis risiko bencana.

Di samping itu, kata dia, juga perlu dilakukan penanaman aneka tanaman keras di sekitar pantai karena bisa memecah arus gelombang.

Selain itu , katanya, juga memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang mitigasi bencana, karena sangat penting untuk pengetahuan dan wawasan guna mengurangi risiko kebencanaan. Apalagi, masyarakat pesisir pantai Pandeglang hingga ribuan kepala keluarga.

"Kami berharap ke depan pemerintah dan masyarakat lebih memperhatikan mitigasi bencana agar tidak menimbulkan korban banyak, jika sewaktu-waktu terjadi bencana alam," katanya.

Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan pemerintah daerah akan memetakan mitigasi bencana sesuai dengan Peraturan Presiden No.51 tahun 2016 terkait batas sempadan pantai.

Pemerintah daerah juga wajib menetapkan batas sempadan pantai dan penetapan batas sempadan pantai untuk melindungi ?masyarakat dari ancaman bencana alam.

Ia juga mengimbau para pengusaha wisata agar membangun tempat-tempat evakuasi, informasi, agar para wisatawan mengetahui apa yang harus dilakukan apabila sewaktu waktu terjadi bencana.

"Kami berkomitmen akan memetakan mitigasi bencana juga mensosialisasikan kepada masyarakat dan pengusaha guna mengantisipasi bencana alam," katanya.

Baca juga: BNPB siapkan 10.000 bibit tanaman vetiver antisipasi longsor

Baca juga: BNPB terus sosialisasikan aplikasi kebencanaan InaRISK Personal

Pewarta : Mansyur
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar