Jakarta Timur targetkan buat 1.000.000 lubang biopori

id Jakarta Timur,Lubang Biopori,M Anwar

Ilustrasi pembuatan biopori. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Jakarta (ANTARA News) - Jakarta Timur menargetkan bisa membuat 1.000.000 lubang resapan biopori se-Jakarta Timur yang ditujukan untuk mengantisipasi genangan air.

"Target pemerintah Kota Jakarta Timur, pembuatan satu juta lubang Biopori yang sudah mulai dilakukan awal Januari di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur," kata Wali Kota Jakarta Timur, M Anwar, dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Kendati demikian, dia menyebut, pembuatan lubang biopori di setiap kecamatan berbeda-beda, karena menyangkut ketersediaan lahan, seperti Kecamatan Pulogadung sebanyak 90.000 dan Kecamatan Pasar Rebo sebanyak 100.000 dengan dan di rumah masing-masing wajib membuat dua lubang resapan.

"Untuk Kecamatan Pasar Rebo, saya menargetkan 100.000 lubang Biopori, agar target 1.000.000 lubang resapan biopori tercapai," ujarnya.

Lebih lanjut, Anwar mengajak masyarakat untuk ikut aktif dalam pembuatan lubang resapan biopori mengingat kegunaannya yang tidak hanya meningkatkan daya serap air, tetapi juga dapat mencegah banjir.

"Kelurahan dan kecamatan juga diharapkan memberikan pembinaan kepada masyarakat, agar masyarakat mengerti dan mau mengerjakan sendiri, tidak menunggu PPSU untuk bergerak membuat, karena kesadaran dari masyarakat penting, agar mengurangi genangan air di wilayah DKI Jakarta khususnya Jakarta Timur," ucapnya.

Pewarta : Ricky Prayoga
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar