BMKG imbau masyarakat waspada potensi hujan lebat tiga hari ke depan

id Potensi hujan lebat,BMKG

Warga menggunakan payung saat hujan mengguyur kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Senin (11/2/2019). Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan puncak musim hujan terjadi pada akhir Februari 2019. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/wsj.

Jakarta (ANTARA News) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi hujan lebat hingga tiga hari ke depan di sebagian wilayah Indonesia.

"Intensitas hujan diprediksikan berada pada skala lebat hingga disertai angin kencang dan petir," kata Kabag Humas BMKG Taufan Maulana di Jakarta, Rabu.

Massa udara basah lapisan rendah terkonsentrasi di Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Bangka Belitung, Lampung, Banten.

Juga di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara, daerah dengan indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Maluku Utara, juga Papua. 

Di samping itu, terdapat konvergensi di Perairan Barat aceh dan Perairan Utara Papua. Serta belokan angin terdapat di Sumatera, Maluku dan Papua.

Beberapa wilayah seperti Riau, Bengkulu, Jawa Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, dan Papua terpantau akan mengalami hujan lebat pada Rabu (27/2). 

Pada Kamis (28/2), hujan lebat diprediksi terjadi di wilayah Riau, Bengkulu, Jawa Tengah, dan Sulawesi Tenggara serta wilayah Maluku. 

Sementara pada Jumat (1/3), wilayah yang akan mengalami hujan lebat bertambah banyak, yaitu, Riau, Bengkulu, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, serta Papua.

Di sisi lain, masyarakat di beberapa wilayah Indonesia juga diimbau lebih meningkatkan kewaspadaan akibat adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang dan petir/kilat pada Rabu (27/2). 

Wilayah tersebut adalah Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, juga Papua Barat.

Potensi hujan lebat disertai angin kencang juga masih akan berlangsung pada Kamis (28/2) di beberapa wilayah seperti Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Sedangkan untuk Jumat (1/3), potensi hujan lebat disertai angin kencang juga masih akan terjadi di beberapa wilayah seperti Sumatera Barat, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, serta Papua Barat.

Baca juga: BMKG: potensi hujan lebat waspadai banjir-longsor
Baca juga: BMKG: hujan lebat masih berpotensi di pegunungan tengah Jateng

Pewarta : Desi Purnamawati
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar