Jakarta (ANTARA) - Tim Alfa Romeo pada Jumat mengumumkan bahwa mereka merekrut pebalap wanita asal Kolombia Tatiana Calderon sebagai test driver atau pebalap penguji.

"Tim kami terkesan oleh komitmen, kegigihan, ketrampilan Tatiana. Dia menunjukkan performa bagus ketika dia diberi kesempatan untuk mengendarai mobil Formula 1 untuk pertama kalinya musim lalu dan telah membuktikan bahwa dia adalah anggota penting bagi tim kami," kata kepala tim Alfa Romeo Fred Vasseur seperti dikutip laman resmi Formula1.com pada Jumat malam.

Pada Oktober dia menjadi wanita Amerika Latin pertama yang mengendarai mobil Formula 1 yaitu ketika dia mengendarai mobil Sauber pada sesi perekaman gambar di Sirkuit Hermanos Rodriguez, Mexico City.

Setelah itu, Calderon mencoba mobil F1 Ferrari versi 2013 di trek Ferrari, Fiorano, pada November.

"Bersama , kami akan bekerja untuk mengembangkan lebih lanjut keahlian Tatiana sebagai seorang pebalap dan juga untuk proyek Alfa Romeo Racing," kata Vasseur.

Calderon merasa terhormat bisa mendapatkan kepercayaan dari Alfa Romeo tersebut.

"Mereka memberi saya kesempatan pertama untuk mengendarai mobil Formula 1 dan saya senang menjadi bagian dari tim. Semoga kami bisa mencapai hal-hal yang hebat bersama ke depannya," kata perempuan berusia 25 tahun itu.

Calderon akan menjalani debut di Formula 2 tahun ini bersama tim Arden setelah sebelumnya berkompetisi di GP3 selama tiga musim, dengan hasil terbaik finis keenam di Monza tahun lalu.





 

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2019