Jakarta (ANTARA) - Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Ravik Karsidi mengatakan pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang satu untuk  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) hingga 24 Maret.

"Pendaftaran UTBK gelombang satu dimulai 1 Maret dan terakhir 24 Maret. Jika ada kendala teknis selama pendaftaran, kami mohon masyarakat bersabar," ujar Ravik di Jakarta, Senin.

UTBK merupakan syarat wajib untuk mendaftar SBMPTN 2019. UTBK digelar dalam dua gelombang yakni gelombang satu dan gelombang dua. Pendaftaran UTBK gelombang dua dibuka mulai 25 Maret hingga 1 April.

Ravik menjelaskan UTBK dapat diikuti oleh siswa lulusan tahun 2017,2018, 2019  serta lulusan paket C tahun 2017, 2018 dan 2019.

Untuk pendaftaran UTBK gelombang 1 dapat diakses melalui laman https://pendaftaran-utbk.sbmptn.ac.id menggunakan   Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)  dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) untuk mendapatkan username dan password.

Sebelumnya, sempat terjadi kendala dalam pendaftaran SBMPTN. Pendaftaran UTBK dibuka kembali mulai Senin pukul 08.00 WIB.

"Bagi peserta yang sudah melakukan pendaftaran, sudah membayar dan sudah mencetak kartu tanda peserta sebelum 4 Maret maka prosesnya sudah selesai," jelas dia lagi.

Sementara bagi siswa yang sudah melakukan pendaftaran namun belum melakukan pembayaran, maka diharuskan untuk masuk kembali ke dalam laman pendaftaran untuk mendapatkan slip pendaftaran yang baru.

Siswa tersebut diminta untuk menyelesaikan pembayaran di bank sebelum 4 Maret pukul 22.00 WIB. Hal itu dilakukan agar sesi, tanggal dan lokasi ujian yang dipilih masih berlaku.

Baca juga: Pendaftaran ujian SBMPTN dibuka kembali
Baca juga: LTPMT sebut 478.070 siswa sudah finalisasi data SNMPTN

Pewarta: Indriani
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019