Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya sangat ditentukan oleh profesi keperawatan, karena jumlahnya sangat dominan dalam sebuah pelayanan kesehatan,
Banda Aceh (ANTARA) - Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menyatakan perawat menjadi salah satu penentu terhadap baik atau buruknya sebuah pelayanan kesehatan yang diberikan pada pusat pelayanan kesehatan yang ada di setiap daerah.

"Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit, Puskesmas dan fasilitas kesehatan lainnya sangat ditentukan oleh profesi keperawatan, karena jumlahnya sangat dominan dalam sebuah pelayanan kesehatan," katanya di sela-sela membuka Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) I Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Aceh di Takengon, Sabtu.

Ia menjelaskan, sebagai salah satu penentu terhadap kesuksesan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat, maka para perawat harus terus meningkatkan kompetensi dan kinerjanya dalam usaha meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, baik dalam upaya promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitatif.

Menurut dia, Rakerwil tersebut harus menjadi momentum untuk mengobarkan semangat melayani, menggerakkan, menangkap aspirasi masyarakat dan semangat memandirikan dan memberdayakan masyarakat dalam pencapaian derajat kesehatan yang lebih baik.

"Perawat bersama dengan tenaga kesehatan lainnya harus mengambil peran mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat dengan secara aktif dan terus menerus melakukan upaya promosi perilaku ÿhidup bersih dan sehat," ujarnya dalam kegiatan yang turut dihadiri Ketua Umum DPP PPNI, Harif Fadhillah.
.
Ia juga berpesan Rakerwil PPNI Aceh agar dapat memunculkan ide-ide dan program- program pengembangan profesi keperawatan dan peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat.

"Kami sangat berharap PPNI dapat menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan Aceh terutama di bidang kesehatan, sehingga upaya memberikan pelayanan secara prima kepada masyarakat dapat terwujud," katanya.

Ia menambahkan pemerintah menggalokasikan anggaran untuk bidang kesehatan cukup besar dengan harapan agar permasalahan kesehatan di masyarakat dapat diselesaikan dengan sebaik-baiknya.

"Pembangunan kesehatan merupakan salah satu program prioritas pembangunan Aceh Tengah yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Aceh, tahun 2017 hingga 2022," demikian Shabela Abubakar.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019