Ambon, Maluku (ANTARA) - Kabupaten Maluku Tenggara Barat menghadapi gempa bumi tektonik berkekuatan 5,1 Skala Richter (SR) pada Senin pukul 22.10 WIT.

Menurut Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi berada pada kedalaman 75 kilometer di koordinat 6,63 LS -130.82 BT, tepatnya di 115 kilometer barat laut Larat- Maluku Tenggara Barat, 159 kilometer utara Saumlaki, 179 kilometer timur laut Tepa-Maluku Barat Daya, 235 kilometer barat daya Langgur-Maluku Tenggara, dan 239 kilometer barat daya Tual.

Kepala Stasiun Geofisika Klas I Karang Panjang-Ambon Sunardi menyatakan hingga saat ini belum ada laporan mengenai adanya kerusakan akibat gempabumi tersebut.

Menurut BMKG gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. BMKG mengimbau warga tidak panik, dan memantau informasi mengenai perkembangan gempa dari BMKG melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi di Instagram/Twitter @infoBMKG, situs web inatews.bmkg.go.id atau www.bmkg.go.id, serta aplikasi wrs-bmkg atau infobmkg.

Maluku merupakan wilayah yang rawan gempa dan tsunami karena berada pada pertemuan tiga lempeng besar, yakni lempeng Pasifik, Indo-Australia, dan Eurasia.

Baca juga:
Gempa 5,5 SR guncang Aceh Singkil

Gempa magnitudo 5.0 guncang Maluku Tenggara Barat

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2019