jika rehabilitasi Situ Pladen berhasil maka itu dapat menjadi contoh bagi perbaikan 22 situ lain di wilayah itu
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) segera memulihkan Situ Pladen di Depok menjadi kawasan bersih dan nyaman yang layak menjadi lokasi wisata.

"Kita mau bangun taman teratai di sana," kata Direktur Jenderal (Dirjen) Pengendalian Pencemaran Lingkungan KLHK Karliansyah dalam konferensi pers di KLHK, Jakarta, Selasa.

Situ Pladen seluas 1,27 hektare saat ini memiliki kondisi yang tidak baik di mana airnya berwarna kehijauan dan mengeluarkan bau busuk serta mengalami sedimentasi, padahal sekeliling bendungan itu ada pemukiman warga.

Awalnya, luas Situ Pladen mencapai tujuh hektare, lalu lahan berkurang untuk dijadikan pemukiman hingga menjadi 4,3 hektare dan kondisi saat ini menjadi 1,27 hektare. Warga di pemukiman yang berada di sekeliling Situ Pladen juga memiliki sertifikat tanah dan bangunan.

Tantangan untuk rehabilitasi situ  adalah lahan itu untuk pembangunan instalasi pengolahan air limbah komunal untuk menyaring limbah rumah tangga yang masuk ke Situ Pladen yang tidak mengalir.

Pada awalnya Depok memiliki 34 situ namun sudah tergerus menjadi tinggal 23 situ.

Dia berharap jika rehabilitasi Situ Pladen berhasil maka itu dapat menjadi contoh bagi perbaikan 22 situ lain di wilayah itu.

Pemulihan Situ Pladen antara lain dengan mencegah masuknya sampah ke dalam situ, mengembalikan daya tampung situ dan menjadikannya ruang publik.

 
Baca juga: Menteri LHK: normalisasi situ perlu kerja bersama semua pihak
Baca juga: Menteri LHK dialog dengan warga sekitar situ di Depok

Pewarta: Martha Herlinawati S
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019