Masing-masing akan mendapatkan bantuan 50 ekor anak ayam.
Karawang (ANTARA) - Dinas Pertanian Kabupaten Karawang, Jawa Barat, akan menyalurkan bantuan 473.900 bibit ayam kampung kepada ribuan keluarga miskin setempat..

"Sasaran bantuan bibit ayam kampung yang bersumber dari Kementerian Pertanian ini ialah keluarga miskin," kata Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Karawang  Hanaf, di Karawag, Rabu

Ia mengatakan, jumlah penerima bantuan bibit ayam kampung itu mencapai 9.478 rumah tangga miskin, yang tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Lemahabang, Purwasari, Tirtamulya, dan Kecamatan Telagasari.

"Dari jumlah 9.478 rumah tangga miskin itu, masing-masing akan mendapatkan bantuan 50  anak ayam," kata dia.

Hanafi mengatakan, di antara tujuan penyaluran bantuan bibit ayam kampung ialah supaya keluarga miskin memiliki hewan peliharaan yang bernilai ekonomis.

Dengan memelihara ayam ini, katanya, diharapkan ada perubahan penghasilan bagi keluarga miskin. Sebab memelihara ayam kampung, lebih mudah dibanding hewan ternak lainnya.

Sementara itu, sebelum bantuan bibit ayam kampung itu disalurkan, Dinas Pertanian memberikan vaksin, untuk menghindari terjangkit penyakit gumboro atau Infectious Bursal Disease (IDB) yang seringkali menyerang ayam. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019