Stok komoditas pangan wajib dipastikan aman, agar tercukupi dan tidak memicu kenaikan harga
Gorontalo (ANTARA) - DPRD Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, meminta pemerintah daerah memastikan stok pangan aman menjelang bulan suci ramadhan tahun ini.

"Stok komoditas pangan wajib dipastikan aman, agar tercukupi dan tidak memicu kenaikan harga," ujar Wakil Ketua DPRD Gorontalo Utara, Lukman Botutihe, di Gorontalo, Sabtu.

Komoditas pokok terpenting di antaranya, beras, minyak kelapa, gula, termasuk rempah-rempah dan pangan asal hewan.

Selain memastikan stok pangan kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, pemda juga  diminta segera memastikan ketersediaan bahan bakar khususnya gas elpiji tiga kilo gram.

"Jangan sampai warga kesulitan mendapatkan bahan bakar tersebut saat bulan ramadhan nanti, maka pemda perlu memastikannya sedini mungkin terkait distribusi dari pihak agen ke pangkalan agar kuota yang diperlukan terpenuhi," ujarnya.

Ia berharap, pemda berkoordinasi dengan pihak Bulog agar seluruh persediaan komoditas pangan mampu memenuhi permintaan hingga akhir tahun 2019.

Pemda melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, diharapkan menurunkan tim teknis untuk memantau seluruh stok bahan pangan baik di gudang-gudang, pedagang pengumpul hingga ke seluruh pedagang tersebar di seluruh pasar tradisional di 11 kecamatan.

"Jika ada stok yang berkurang dan berpotensi mengalami kenaikan harga, agar langsung dilaporkan untuk diatur pasokannya," ujar Lukman.
Ia berharap, stok komoditas pangan di daerah itu tercukupi serta tidak mengalami kenaikan harga yang berdampak pada keresahan masyarakat.

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019