sertifikat tanah PTSL merupakan salah satu program unggulan nasional yang digagas Presiden Joko Widodo
Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey menyerahkan sebanyak 1.243 sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) untuk masyarakat Kota Kotamobagu, Kabupaten Bolaang Mongondow, Bolaang Mongondow Timur, Bolaang Mongondow Selatan dan Bolaang Mongondow Utara.

"Sertifikat tanah PTSL merupakan salah satu program unggulan nasional yang digagas Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN)," kata Gubernur Olly di Manado, Rabu.

Program ini, lanjut dia, sebagai implementasi sembilan program prioritas dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarakat dalam pengurusan sertifikat hak atas tanah atau legalisasi aset.

"Ini adalah bukti kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat," kata Olly.

Menurut Olly, sertifikat tanah yang telah dibagikan tersebut menjadi bukti kepemilikan tanah yang sah dan mencegah terjadinya sengketa kepemilikan tanah.

"Sertifikat tanah ini memberikan kepastian hak masyarakat atas kepemilikan tanah yang berkekuatan hukum," beber Olly.

Gubernur menambahkan, saat ini bidang-bidang tanah secara digital telah terpetakan dan berkoordinat, sehingga dapat dicek melalui aplikasi untuk mengurangi terjadinya tumpang tindih sertifikat tanah.

"Dengan teknologi informasi yang ada sekarang ini, bapak-bapak dan ibu-ibu sudah dapat mengecek sertifikat tanah dengan mudah," ungkap Olly.

Olly berharap semua perangkat daerah serta unit kerja terkait berperan aktif menyukseskan program PTSL dengan memberikan pelayanan prima kepada seluruh masyarakat yang mengurus sertifikat tanah.

"Masyarakat yang sedang mengurus sertifikat tanah harus memperoleh pelayanan yang optimal," imbuh Olly.

Baca juga: 1.112 warga Kota Manado terima sertifikat tanah
Baca juga: Presiden serahkan 34 sertifikat tanah wakaf di Gorontalo


 

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019