Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memastikan moda transportasi massal MRT siap melayani masyarakat di ibu kota setelah merampungkan masa uji coba bagi publik.
“Siap, sudah siap. Ini kan sudah dicoba lama, dicoba penuh. Khan dicobanya penuh-penuh juga,” kata dia setelah menjajal MRT bersama para peminpin redaksi media arus utama, para artis, dan influencer dari Bundara Hotel Indonesia menuju Lebak Bulus, Jakarta, Kamis.

Ia mengatakan, sudah menyerahkan seluruh keputusan pengelolaan MRT kepada manajemen PT MRT Jakarta. Hal itu juga mencakup operasional, pelayanan, dan keselamatan penumpang. “Terserah keputusan dari manajemen MRT, juga yang berurusan dengan keselamatan mestinya sudah dicek semuanya,” katanya.

Jokowi juga menyambut baik operasional MRT sebagai moda transportasi yang terintegrasi dengan moda yang lain termasuk TransJakarta. “Sudah (mencoba). Khan hanya menyeberang 10 meter sudah sampai, itu terintegrasi khan namanya,” katanya.

Ia berharap ke depan semakin banyak rute yang tersambung dan terintegrasi dengan moda transportasi yang lain. “Ditambah nanti dipaksa lagi dengan ERO nah nanti akan baik,” katanya.

Ia bilang, semua pihak sudah sepakat integrasi moda transportasi harus segera tersambung dan diwujudkan.

“Kemarin kan kita sudah rapat antara pemerintah pusat, gubernur DKI, wali kota Depok, Bekasi, Bogor, Tanggerang Selatan, Tangerang, dan gubernur Banten, dan juga Jawa Barat. Semua kita sepakat bahwa integrasi moda transportasi ini harus sambung. Artinya apa yang dibutuhkan akan disiapkan, dikerjakan pemerintah pusat dan daerah,” kata dia.

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019