Semarang (ANTARA) - Para pedagang di Pasar Waru Indah, Kota Semarang, Jawa Tengah, mengapresiasi kinerja pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo selama kurun waktu hampir lima tahun.

Hal tersebut terungkap saat berlangsung kegiatan sosialisasi pasangan Calon Presiden Joko Widodo dan Kiai Haji Ma'ruf Amin yang dilakukan oleh politikus PDI Perjuangan Hevearita Gunaryanti Rahayu di Semarang, Sabtu.

Salah seorang pedagang di Pasar Waru Indah, Kasniah, mengatakan bahwa selama masa kepemimpinan Presiden Jokowi, banyak kemudahan dan bantuan yang sekarang ini sudah merambah ke masyarakat lapisan bawah.

"Banyak bantuan, bagi-bagi sembako, bagi-bagi sertifikat tanah. Programnya membantu masyarakat kecil. PKH, KIS, KIP, macam-macam. Terima kasih Pak Jokowi," katanya.

Selain bantuan yang langsung dirasakan masyarakat, lanjut dia, banyak kegiatan Presiden Jokowi yang bersentuhan dengan berbagai kalangan itu merupakan salah satu contoh dan bukti bahwa pemimpin ada untuk rakyatnya.

"Kemana, bertemu langsung dengan masyarakat, bahkan katanya kemarin langsung ke daerah Tambaklorok, melihat langsung kondisi nyata di sana. Itu pemimpin yang mau bekerja," ujarnya di hadapan politikus PDIP Hevearita Gunaryanti Rahayu yang akrab disapa Mbak Ita tersebut.

Pedagang sembako itu berharap Presiden Jokowi yang saat ini maju pilpres berpasangan dengan Kiai Haji Ma'ruf Amin dapat terpilih kembali serta terus bekerja untuk rakyat.

Sementara itu, Mbak Ita mengaku tidak menyangka pedagang di Pasar Waru Indah begitu antusias dengan kegiatan sosialisasi capres Jokowi yang dilakukannya.

Menurut dia, kalangan pedagang sudah sangat memahami siapa pemimpin yang benar-benar mengayomi masyarakat.

"Kalau pimpinan seperti itu, atasannya seperti itu, pasti menjadi contoh bagi pimpinan lain di jajaran bawahnya," katanya.

Perempuan yang juga diketahui sebagai pembina relawan Perempuan Tangguh Pilih Jokowi (Pertiwi) Kota Semarang ini juga mengatakan kalau dirinya berpesan kepada para pedagang agar mengajak keluarga untuk memilih pasangan calon presiden nomor 01.

"Tadi sudah kita ajak bersama, terus kita beri contoh juga. Mereka antusias, animonya besar," ujarnya.

Lebih jauh Mbak Ita menyebutkan selain sosialisasi ke pasar-pasar, dirinya juga menggelar orasi dengan tujuan mengingatkan kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya dengan mencoblos pasangan Capres Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Kami pakai cara tambahan, tentunya dengan kemasan yang menarik. Orasi, kita tadi joget-joget bareng dengan Pertiwi dan pedagang pasar. Kita bikin asyik aja," katanya.

Pemilu 2019 diikuti dua pasang calon presiden dan wakil presiden yakni pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin serta pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Pewarta: Wisnu Adhi Nugroho
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019