Cilacap (ANTARA) - PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Cilacap mulai merealisasikan program tanggung jawaban sosial perusahaan atau corporate social responsibility (CSR) tahun 2019, salah satunya berupa rehabilitasi puluhan rumah warga Kabupaten Cilacap,

"Pada awal tahun ini, kami sedang melaksanakan program peningkatan kualitas hunian masyarakat serta fasilitas umum yang difokuskan di empat kecamatan, yakni Cilacap Utara, Cilacap Selatan, Cilacap Tengah, dan Jeruklegi," kata Community Relations PT Solusi Bangunan Indonesia (SBI) Tbk Pabrik Cilacap Kusdiharta di Cilacap, Jawa Tengah, Rabu.

Khusus untuk program peningkatan kualitas hunian masyarakat, kata dia, pihaknya saat sekarang sedang merehabilitasi 16 rumah warga yang tersebar di Kelurahan Cilacap, Tambakreja, Sidakaya, Tegalkamulyan, dan Tegalreja, Kecamatan Cilacap Selatan.

Menurut dia, program peningkatan kualitas hunian masyarakat juga akan dilaksanakan secara bertahap terhadap puluhan rumah warga di tiga kecamatan lainnya, yakni Cilacap Tengah, Cilacap Utara, dan Jeruklegi.

"Program CSR peningkatan kualitas hunian yang meliputi bedah rumah, jambanisasi, dan plesterisasi ini ditujukan untuk mendukung program Pemerintah Kabupaten Cilacap dalam rangka merehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH). Sementara untuk program fasilitas umum adalah pembangunan jalan-jalan setapak dan fasilitas lain untuk kepentingan masyarakat," jelas Kusdiharto.

Ia mengatakan kegiatan bedah rumah, jambanisasi, dan plesterisasi di Kecamatan Cilacap telah dilaksanakan secara serentak pada Minggu (24/3).

"Hal itu merupakan salah satu upaya kami untuk terus membangun masyarakat secara fisik atau infrastruktur sekaligus meningkatkan kesatuan, kebersamaan, dan silaturahmi antarwarga dengan cara bergotong royong," katanya.

Salah seorang penerima manfaat program peningkatan kualitas hunian, Slamet (53), warga Kelurahan Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, mengaku sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Cilacap.

"Kami sangat merasakan manfaat dari bedah rumah ini, sehingga rumah kami menjadi layak huni dan lebih bagus," kata dia yang berprofesi sebagai tukang becak.

Seperti diketahui, PT Solusi Bangun Indonesia Tbk sebelumnya adalah PT Holcim Indonesia Tbk yang berubah nama berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Holcim Indonesia Tbk yang dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 11 Februari 2019.

Perubahan nama tersebut dilakukan setelah PT Semen Indonesia (Persero) Tbk mengakuisisi saham PT Holcim Indonesia Tbk yang sebelumnya dimiliki oleh perusahaan semen asal Swiss, Lafarge Holcim. 

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019