Apa pun yang kita lakukan akan selalu terhubung ke bumi, mulai dari hal baik atau buruk semuanya akan tetap selalu berdampak ke bumi
Pontianak (ANTARA) - Kegiatan malam puncak gerakan Earth Hour atau kampanye hemat energi di Kota Pontianak, Sabtu (30/3) malam akan dipusatkan di halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat.

"Aksi kampanye global hemat energi yang diinisiasi oleh WWF mengusung tema #Connect2Earth," kata Koordinator Earth Hour Pontianak, I Wayan Bayu Anggara di Pontianak, Jumat malam.

Ia menjelaskan, kegiatan tersebut akan diisi dengan beberapa rangkaian, seperti musik akustik, musik sape, tarian tradisional multi etnis, puisi,dan perkusi.

"Ini sebagai bentuk dan cara kreatif anak muda Kalbar khususnya dalam mengkampanyekan gaya hidup dan bijak dalam menggunakan energi," katanya.

Menurut dia, tema #Connect2Earth ini memiliki pesan yang sangat dalam. "Apa pun yang kita lakukan akan selalu terhubung ke bumi, mulai dari hal baik atau buruk semuanya akan tetap selalu berdampak ke bumi," katanya.

Ia mengatakan, melalui aksi itu, hal-hal buruk sudah banyak terasa dampaknya terhadap kehidupan sekarang, seperti cuaca yang semakin panas akibat naiknya suhu bumi. Suhu bumi naik berawal dari perilaku manusia yang boros dalam menggunakan energi.

"Earth Hour Pontianak berupaya mengajak seluruh masyarakat untuk melakukan satu langkah sederhana dan mudah, yakni dengan mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak terpakai selama satu jam di pekan terakhir bulan Maret mulai pukul 20.30 hingga pukul 21.30 WIB setiap tahunnya," katanya.

Wayan juga menjelaskan bahwa ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperlambat perubahan iklim, di antaranya dengan bijak menggunakan energi listrik, membawa botol air minum sendiri, menggunakan transportasi umum atau membudayakan berboncengan saat bepergian dengan kendaraan bermotor.

Kegiatan ini bisa terlaksana berkat dukungan banyak pihak, seperti Pemprov Kalbar, baik gubernur Kalbar dan wali Kota Pontianak, WWF-Indonesia program Kalbar, DLH Kota Pontianak, PLN, dan para pelaku bisnis seperti Hotel Mercure, Hotel Grand Mahkota, Hotel Harris, Hotel Santika, Hotel Aston, Hotel Transera, Hotel Golden Tulip dan puluhan komunitas di Kota Pontianak turut serta mendukung malam selebrasi Earth Hour Pontianak,

Baca juga: Pontianak imbau warga partisipasi dalam "Earth Hour"

Pewarta: Andilala
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019