Banjarmasin (ANTARA) - Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Kerja Provinsi Kalimantan Selatan, optimis target 60 persen suara kemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin tercapai di daerah setempat.

"Harus optimis Capres 01 menang hingga angka 60 persen di Kalsel seperti target dari Pak Jokowi sendiri," ucap Bendahara Umum TKD Koalisi Indonesia Kerja Provinsi Kalimantan Selatan H Basuni di Banjarmasin, Senin.

Seperti diketahui, target kemenangan antara 60 sampai 65 persen di Kalsel disampaikan Jokowi saat kunjungannya ke Banjarmasin pada Rabu, 27 Maret 2019 lalu dalam agenda Kampanye Akbar di Stadion 17 Mei Banjarmasin.

Ditemui wartawan saat berada di Duta Mall Banjarmasin pada Rabu (27/3) malam, Jokowi yang didampingi tokoh muda Banua Mardani H Maming yang juga anggota TKN, optimis perolehan suara signifikan di Kalsel, yang menurutnya provinsi sangat religius, sehingga kombinasi ulama dan umara lebih bisa diterima.

Sementara deklarasi dua serikat buruh yang menamakan diri Relawan Buruh Sahabat Jokowi (RBSJ) Kalimantan Selatan yang berlangsung di Taher Square Banjarmasin itu, menurut Basuni, bukti nyata dukungan arus bawah sangat terasa.

"Alhamdulillah semakin mendekati 17 April 2019, banyak sekali yang mendukung Jokowi-Ma'ruf Amin. Kami TKD sangat bangga dan berterima kasih kepada relawan. Ini bukti Jokowi presiden yang merakyat dan sederhana hingga dinginkan rakyat untuk kembali memimpin," ungkapnya.

Sementara itu Ketua Relawan Buruh Sahabat Jokowi Kalimantan Selatan Sadin Sasau menyatakan, anggotanya yang berjumlah 60 ribu orang siap memenangkan Capres 01.

"Kami sebagai rakyat melihat program Jokowi luar biasa yang sangat peduli rakyat kecil seperti para buruh. Untuk itu, kami terpanggil untuk deklarasikan dukungan nyata secara terbuka pada hari ini," kata Sadin.

Sebelum melaksanakan deklarasi, relawan yang didominasi ibu-ibu itu juga melaksanakan olah raga bersama senam jempol.

Selain mendeklarasikan dukungan terhadap Jokowi-Ma'ruf Amin, para buruh juga berikrar untuk menangkal berita bohong atau hoaks serta mengawal Pemilu berjalan aman, damai dan sejuk.

Dalam acara deklarasi tersebut turut dihadiri sejumlah anggota Relawan Pengusaha Muda Nasional (Repnas) Kalsel yang dikomando sang ketua Nawang Wijayati yang jadi calon anggota legislatif DPR RI periode 2019-2024 dari Partai Golkar untuk Daerah Pemilihan Kalimantan Selatan I di nomor urut 6. 

Pewarta: Gunawan Wibisono
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2019