Pemeringkatan ini juga memberikan gambaran bahwa sebuah Perguruan Tinggi mampu mendukung pemerintah di dalam pemenuhan SDGs PBB sehingga dapat mendorong semangat para sivitas akademika UI untuk semakin gencar berinovasi dan berkarya di dunia akademik
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) dinobatkan sebagai Perguruan Tinggi Terbaik ke-80 tingkat dunia, sebagai kampus yang memberikan dampak luas bagi Sosial dan Ekonomi bangsa melalui aktivitas Penelitian, Pengajaran dan Pengabdian Masyarakat.

Rektor UI Prof. Muhammad Anis di kampus UI Depok, Kamis, mengatakan ini merupakan pencapaian besar dan menunjukkan bahwa UI semakin dikenal masyarakat global. UI berkomitmen untuk hadir memberikan solusi atas permasalahan bangsa melalui aktivitas Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

"Pemeringkatan ini juga memberikan gambaran bahwa sebuah Perguruan Tinggi mampu mendukung pemerintah di dalam pemenuhan SDGs PBB sehingga dapat mendorong semangat para sivitas akademika UI untuk semakin gencar berinovasi dan berkarya di dunia akademik," tambahnya.

Pemeringkatan tersebut dilakukan oleh Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi bergengsi Dunia Times Higher Education (THE) dalam daftar World University Impact Rankings 2019 yang diluncurkan pada Rabu (3/4) di Korea serta dapat melalui laman https://www.timeshighereducation.com.

World University Impact Ranking merupakan satu-satunya pemeringkatan yang menilai kinerja universitas berdasarkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB atau Sustainable Development Goals (SDGs). Pemeringkatan ini juga menilai dampak yang diberikan Universitas terhadap ekonomi dan masyarakat melalui inovasi dan penemuannya. Pada edisi pertama, pemeringkatan ini melibatkan 450 universitas pada 76 negara di dunia.

Hasil pemeringkatan University Impact Ranking didasarkan pada penilaian kinerja Perguruan Tinggi dalam rangka pemenuhan SDGs yang telah ditentukan oleh PBB. THE mengukur performa UI yang dianggap berhasil yaitu yang memenuhi SDGs 17 – Partnership for the Goals (Kemitraan untuk mencapai tujuan) ; SDGs 3 Good Health and Wellbeing (Kehidupan sehat dan sejahtera) ; SDGs 4 Quality Education (Pendidikan berkualitas) dan SDGs 16 Peace, Justice and Strong Institutions (Perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh).

Pengumuman Times Higher Innovation and Impact Ranking yang pertama ini dilakukan di KAIST Korea 3 April 2019 dan merupakan ajang prestisius yang diikuti universitas ternama yang memperhatikan perkembangan ke depan dan membicarakan diantaranya masalah inovasi, kewirausahaan dan kecerdasan buatan menuju tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019