Delapan kecamatan ini yang menjadi prioritas KPU dalam pendistribusian logistik Pemilu 2019 di Kabupaten Kupang
Kupang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur akan memprioritaskan distribusi logistik Pemilu 2019 untuk daerah terluar yang sulit dijangkau dengan akses transportasi.

"Proses pengepakan logistik Pemilu 2019 untuk daerah terluar sedang dilakukan KPU Kabupaten Kupang. Apabila semuanya sudah lengkap maka distribusi logistik segera dilakukan dalam pekan ini," kata Ketua KPU Kabupaten Kupang, Eliaser Lomi Rihi kepada Antara di Kupang, Senin.

Eliaser mengatakan hal itu terkait upaya KPU Kabupaten Kupang dalam mengantisipasi cuaca buruk yang dapat menggangu proses distribusi logistik pemilu untuk kawasan terluar di Kabupaten Kupang yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste ini.

Ia mengatakan, delapan kecamatan terluar yang mendapat prioritas KPU dalam pendistribusian logistik Pemilu 2019 yaitu Kecamatan Amfoang Timur, Amfoang Utara, Amfoang Selatan, Amfoang Barat Laut, Amfoang Barat Daya, Amfoang Tengah.

Selain itu dua kecamatan di Pulau Semau yaitu Kecamatan Semau Utara dan Semau Selatan yang juga sulit dijangkau transportasi laut apabila terjadi cuaca buruk.

"Delapan kecamatan ini yang menjadi prioritas KPU dalam pendistribusian logistik Pemilu 2019 di Kabupaten Kupang," kata Eliazer.

Dikatakannya, pendistribusian logistik pemilu yang direncanakan berlangsung 13-14 April menggunakan transportasi darat apabila tidak terjadi hujan lebat di kawasan pegunungan Timau dan Amfoang.

Dia mengatakan, apabila terjadi cuaca buruk maka distribusi logistik pemilu dilakukan melalui jalur laut dengan menggunakan fasilitas kapal milik ASDP maupun TNI/Polri.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan beberapa instansi pemerintah seperti ASDP dan Polri serta TNI-AL yang memiliki armada laut untuk membantu mendistribusikan logistik pemilu ke daerah terluar apabila distribusi melalui jalur darat tidak bisa dilakukan," kata Eliaser.

Baca juga: KPU Kota Kupang temukan ribuan surat suara rusak
Baca juga: KPU Kabupaten Kupang kekurangan 300 kotak suara


 

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019