Jakarta (ANTARA) - Aplikasi pesan instan WhatssApp dan aplikasi berbagi foto Instagram serta media sosial yang merupakan induk perusahaan keduanya yaitu Facebook tidak dapat diakses secara global, pada Minggu sore.

Para pengguna WhatsApp melaporkan tidak bisa mengirim pesan ataupun membuka konten foto, suara, dan video yang masuk sebelum layanan itu down.

Sementara, pengguna Facebook mengeluhkan tidak bisa membuka layanan media sosial itu baik melalui perangkat komputer ataupun perangkat seluler. Tapi, berbagai notifikasi sempat masuk walau tak bisa terakses.

Hal serupa menjadi keluhan pengguna Instagram. Sejumlah orang mengaku tak bisa membuka layanan itu sekitar pukul 18.00 WIB. Padahal akses Internet mereka masih terjangkau dan lancar.

"Akun Instagram saya masih belum bisa melakukan penyegaran konten," kata Ida Nurcahyani, seorang pengguna melalui layanan Telegram.

"Iya, saya juga belum bisa. Notifikasi follower saja masuk tapi enggak refresh," ujar Ricka melalui layanan Telegram.

Dalam situs downdetector.com, sejumlah pengguna dari Amerika Serikat, Bahrain, Inggris, Prancis, Thailand, hingga Oceania mengaku mengalami gangguan aplikasi Whatsapp, Instagram, dan Facebook, termasuk Facebook Messanger.

Sementara, The Verge melaporkan gangguan layanan Whatsapp, Instagram, dan Facebook itu merupakan gangguan kedua dalam jangka satu bulan,

Baca juga: Layanan Whatsapp sempat 'down' di malam Tahun Baru

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Imam Santoso
Copyright © ANTARA 2019