Kupang (ANTARA) - Sebanyak 200 personel sat Brimob Polda NTT akan dikirim ke Polda Metro Jaya Jakarta dalam rangka Operasi Mantap Brata pengamanan Pemilu 2019.

“Para Perwira, Bintara dan Tamtama sekalian yang saya banggakan, pasukan yang diberangkatkan saya harapkan agar melaksanakan tugas dengan rasa penuh tanggung jawab dan ikhlas”, kata Kapolda NTT Irjen Pol Raja Erizman kepada wartawan di Kupang, Selasa.

Hal ini disampaikan usai memimpin upacara pelepasan 200 personel Brimob Polda NTT di Mako Sat Brimob Polda NTT, jalan Timor Raya, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ia mengatakan bahwa tugas menjadi BKO di Mabes Polri adalah tugas negara. Oleh karena itu ia juga mengharapkan agar personel yang diberangkatkan dapat melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab dan ikhlas.

Komandan berbintang dua itu mengatakan bahwa pelaksanaan tugas pengamanan Operasi Mantap Brata tidaklah ringan dan penuh tantangan.

“Karena itu sebagai Brimob Polri yang merupakan andalan Polri dalam menghadapi ancaman yang berintensitas tinggi, diharapkan mampu melaksanakan tugas dengan baik, aman dan sukses,” ujar dia.

Ia berpesan agar Brimob Polda NTT menghindari tindakan yang dapat memicu unjuk rasa atau konflik serta hindari tindakan yang merugikan membahayakan diri sendiri maupun kesatuan.

Mantan Kadivkum Mabes Polri itu menambahkan bahwa anggota yang bertugas untuk taat asas dan mengerti apa yang diperintahkan oleh pimpinan.

“Kenali tugas pokok dan peranan masing-masing, termasuk berbagai potensi kerawanan, sehingga melahirkan cara bertindak keadaan biasa dan bertindak keadaan luar biasa,” tambahnya.

Tak hanya itu ia juga mengharapkan agar pasukan yang berangkat tidak boleh melanggar hukum, norma dan nilai kesusilaan yang dapat merugikan nama baik Sat Brimob NTT.

“Jadilah insan Brimob yang baik sebagai pelopor tertib sosial di tengah masyarakat, para personel patuhi perintah komandan jangan mengeluh karena kalian pergi untuk berikan solusi, dan semangat. Kalian pergi untuk membantu bukan untuk menjadi beban,” tambah dia.

Baca juga: Brimob dari daerah diperbantukan amankan pentahapan Pemilu 2019
Baca juga: Anies mengatakan pengerahan Brimob ke Jakarta agar tenang dan aman
Baca juga: Dua kompi Brimob Polda Jambi diberangkatkan ke Jakarta


Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019