Jakarta (ANTARA) - Relawan pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin menggelar syukuran atas kemenangan hitung cepat lembaga survei serta berlangsung pesta demokrasi Pemilu 2019 yang aman dan damai.

Acara itu digelar di Hotel Borobudur, Jakarta, Rabu sore.

Selebrasi diisi dengan pemotongan tiga tumpeng yang memiliki makna filosofis paslon 01, paslon 02, dan persatuan Indonesia.

Direktur Relawan Tim Kampanye Nasional (TKN) Maman Imanulhaq mengatakan, pemotongan tumpeng dan doa bersama itu merupakan bentuk ucapan syukur para relawan yang selama delapan bulan telah bekerja keras memenangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf, serta mendoakan agar hasil hitung cepat tidak jauh berbeda dengan hasil penghitungan akhir Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

"Kita tetap kawal suara dan menunggu dengan sabar proses yang dilakukan oleh KPU hingga ada pengumuman resmi," ujarnya.

Lebih lanjut Maman meminta relawan Jokowi-Ma'ruf untuk mulai membangun komunikasi dengan pihak relawan Prabowo-Sandi agar tidak ada lagi konflik yang timbul terkait Pemilu 2019.

"Intinya kita kembali kepada persatuan Indonesia bahwa kontestasi demokrasi ini sudah berakhir dengan tertib dan damai," ujarnya pula.

Ketua Umum Bravo 5 Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi berharap Indonesia dapat menjadi negara maju yang mampu melalui proses pesta demokrasi dengan baik.

"Saat kampanye lalu, teman-teman seperti mengaum tidak kenal takut untuk memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin, tapi begitu selesai semuanya enak, damai dan mengajak orang untuk bersatu kembali," katanya lagi.

"Kita punya share dalam memenangkan Jokowi, tapi yang paling utama punya share dalam membangun masa depan bangsa Indonesia dengan lebih baik," katanya lagi.

Pewarta: Sugiharto Purnama, M Arief Iskandar
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019