Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara memastikan pemudik dapat menikmati jaringan sinyal data berkualitas 4G di sejumlah jalur mudik pada 2019.

"Termasuk di kawasan Sumatera, semua otomatis 'engineering' dari 'coverage' mengikuti tol," kata Rudiantara dalam jumpa pers usai Rapat Penyelenggaraan Mudik 2019 di Gedung Bina Graha, Jakarta pada Jumat.

Menurut Rudiantara, petugas memeriksa kualitas sinyal di sepanjang jalur mudik di jalan tol di Pulau Jawa serta tol di Pulau Sumatera satu bulan sebelum hari lebaran.

Selain di jalan tol, sinyal 4G juga dipastikan dapat dinikmati pemudik di bandara, pelabuhan hingga stasiun kereta api.

"Apalagi sekarang kan lebih banyak di tol, jadi BTS-BTS sudah 'dideploy' ke arah tol. Jadi kalau kita dari sini ke Surabaya pakai tol, sepanjanng jalan 4G-nya tidak putus. Tinggal menambah kapasitas," jelas Rudiantara.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko bersama Menkominfo telah memimpin rapat membahas persiapan arus mudik 2019 dengan berkoordinasi antara kementerian, lembaga dan perusahaan BUMN terkait.

Pemerintah memprediksi puncak arus mudik lebaran pada 2019 jatuh pada hari Jumat, 31 Mei 2019, sementara arus balik pada Minggu atau 9 Juni.

Sejumlah ruas tol yang telah terbangun di Pulau Jawa akan dioperasikan secara penuh hingga tol Pasuruan-Probolinggo, di Jawa Timur.

Selain itu, petugas juga mengantisipasi kemacetan di pintu keluar tol Terbanggi Besar di Lampung. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019