Dalam 14 tahun pasar tenaga kerja di Jerman terus tumbuh

id pasar tenaga kerja jerman,destatis,angka pekerja,angka pengangguran

Illustrasi: Kanselir Jerman Angela Merkel melambaikan tangan ke para pekerja saat mengunjungi pabrik Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) (REUTERS/THOMAS PETER)

Berlin (ANTARA) - Laporan Kantor Statistik Federal, Destatis menyebutkan memasuki tahun ke 14 pertumbuhan berturut-turut, jumlah orang yang bekerja di Jerman terus naik sedikit dari tahun ke tahun.

Sekitar 44,9 juta orang yang tinggal di Jerman bekerja pada Maret 2019. Jumlah itu meningkat 495.000 orang dibandingkan dengan Maret 2018, menurut perhitungan sementara oleh Destatis.

"Jumlah orang dalam pekerjaan terus meningkat pada kuartal pertama pada tingkat yang hampir tidak berkurang. Kami harus melihat dari dekat untuk menemukan indikasi perlambatan ekonomi," kata Ekonom Senior untuk pekerjaan dan pengangguran di Institut Ekonomi Jerman (IW) Holger Schaefer kepada Xinhua, Selasa.

Peningkatan ini sekali lagi menetapkan rekor baru dalam jumlah orang yang dipekerjakan di Jerman sejak reunifikasi Jerman pada tahun 1990.

Schaefer mencatat bahwa "jumlah orang yang bekerja di agen tenaga kerja sementara -- yang sangat sensitif terhadap fluktuasi ekonomi -- sekarang menurun secara signifikan."

Menurut Destatis, total tingkat pekerjaan di Jerman meningkat 1,7 persen menjadi 67,7 persen. Sementara jumlah orang yang menganggur turun lebih dari tujuh persen menjadi 1,38 juta. Tingkat pengangguran tidak berubah pada 3,2 persen.

Baca juga: Peluang Kerja Terbuka Bagi Tenaga Kerja Indonesia di Jerman

Baca juga: Presiden Jokowi yakin tenaga kerja konstruksi Indonesia mampu saingi Jerman dan Jepang

Pewarta : Risbiani Fardaniah
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar