Jakarta (ANTARA) - Atlet wushu Indonesia Edgar Xavier mengaku latihan tahun ini sangat intensif sebagai upaya untuk mempersiapkan diri di kejuaraan nasional maupun internasional.

"Persiapan dan latihan ini untuk kejuaraan nasional sekaligus kejuaraan dunia dan SEA Games," kata Edgar saat ditemui di sela latihan di Wisma Serbaguna Senayan, Jakarta Pusat, Senin.

Edgar mengatakan ada tiga nomor yang saat ini dia fokuskan dalam latihan untuk kejuaraan nasional yang akan digelar pada Juni mendatang.

"Saya akan bertanding di kejurnas untuk kategori tangan kosong, golok, dan toya (tongkat)," kata pria yang memenangi medali perak pada Asian Games 2018.
Atlet wushu Edgar Xavier mengikuti latihan di Wisma serbaguna Senayan, Jakarta, Senin (13/5/2019). (ANTARA /Nova Wahyudi)


Edgar mengaku saat ini tidak dapat memprediksi saingan terberatnya pada kejuaraan nasional yang diadakan di Bangka Juni mendatang.

"Dulunya kurang (bagus) tapi di kejurnas nanti mereka bisa memberi yang terbaik, jadi tidak bisa diprediksi sih," kata Edgar yang mewakili DKI Jakarta di Kejuaraan Nasional mendatang.

Kejuaraan nasional nanti menjadi ajang unjuk gigi bagi para atlet wushu Indonesia untuk dapat berpartisipasi di Kejuaraan Dunia Wushu dan SEA Games 2019.

Sebanyak 25 atlet wushu yang telah berhasil melewati tes fisik, selanjutnya mereka akan disaring kembali menjadi 16 atlet untuk mewakili Indonesia di SEA Games 2019.

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2019