Simalungun (ANTARA) - Sedikitnya 300 karyawan di jajaran Pemerintah Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara melakukan gotong royong membersihkan lingkungan di seputaran Kota Parapat yang merupakan salah satu pintu masuk ke Danau Toba menjelang Idul Fitri.

Sekretaris Kecamatan Girsang Sipangan Bolon Ferry Risdonni di Parapat, Jumat, mengatakan, aksi bersih yang menjadi kegiatan rutin tersebut kali ini dilakukan secara massal dalam upaya persiapan menyambut  Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Tentunya jika objek wisata di sekitaran Parapat bersih, pengunjung mau berlama-lama menikmati waktu liburnya menikmati keindahan danau Toba, dan ini memberikan kebaikan bagi pelaku usaha," katanya.

Untuk antisipasi sampah menumpuk pada libur Idul Fitri sebagai dampak puluhan ribu kunjungan setiap harinya, pihak kecamatan memfungsikan truk mengangkut sampah pada jam-jam tertentu yang tidak mengganggu arus lalu lintas.

Karena itu ia mengimbau para pelaku usaha dan pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya supaya kebersihan lingkungan tetap terjaga yang tentunya juga akan berdampak pada semakin tertariknya wisatawan datang.

Selain kebersihan, pihak kecamatan juga sudah melakukan pertemuan dengan pelaku usaha untuk mencantumkan harga menu makanan dan suvenir, supaya lebih memberikan kenyamanan pengunjung.


"Kalau pengunjung merasa nyaman, tentunya ke depan akan semakin banyak yang datang ke Danao Toba. Kalau wisatawan semakin banyak yang datang tentunya akan berdampak pada perekonomian warga juga," katanya.

 

Pewarta: Juraidi dan waristo
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019