Jakarta (ANTARA) -
Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia (PB ISSI) mendukung rencana Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan pemerintah untuk mengirimkan lebih banyak atlet muda ke SEA Games 2019 Manila, Filipina, pada akhir tahun nanti.

"Sudah sesuai dengan program kita. SEA Games sebagai uji coba dan melibatkan banyak atlet muda," kata Ketua Umum PB ISSI Raja Sapta Oktohari saat dikonfirmasi dari Jakarta, Senin.

Meski demikian, pria yang akrab dipanggil Okto itu tetap akan memaksimalkan atlet senior pada kejuaraan dua tahunan itu. Hanya saja porsinya berbeda jika dibandingkan dengan kejuaraan yang sama sebelumnya.

"Untuk elite (senior) kita fokus untuk kumpulkan prestasi kecuali yang benar-benar berpeluang merebut medali emas," katanya menambahkan.

Balap sepeda saat ini memang menjadi tumpuan untuk meraih hasil terbaik pada setiap kejuaraan. Apalagi beberapa nama atlet sudah memiliki level Asia terutama dari disiplin BMX, track maupun downhill (DH). Hal tersebut juga dibuktikan pada Asian Games 2018.

Pada disiplin BMX ada nama I Gusti Bagus Saputra, Rio Akbar maupun Wiji Lestari. Untuk track ada nama Crismonita Dwi Putri maupun Elga Kharisma Novanda yang saat ini juga menjajalan lintasan track. Untuk DH ada nama Khoiful Mukib dan Tiara Andini Prastika.

Untuk pebalap muda, PB ISSI memang sudah menyiapkan banyak atlet. Untuk road race ada beberapa nama yang diantaranya adalah Sendy Nur Hasan. Selain itu ada nama Anindya Pinasih, Nanda Eka Rosita dan Chika Zerra Arta. Begitu juga disiplin track ada nama Terry Yuda.

Sebelumnya Menpora Imam Nahrawi mengatakan jika pada SEA Games 2019 harus memaksimalkan atlet muda dengan presentasi 60 persen dari jumlah kontingan adalah atlet muda dan sisanya adalah atlet berpengalaman dan berpeluang untuk mendapatkan medali emas.

Hal tersebut juga dipertegas oleh Ketua Umum KOI Erick Thohir. Menurut dia, SEA Games merupakan sasaran antara untuk menghadapi kejuaraan lebih besar mulai Asian Games, kejuaraan dunia hingga olimpiade.

Baca juga: KOI sepakat berangkatkan atlet muda ke SEA Games Manila

Baca juga: Tenis mulai uji coba jelang SEA Games 2019

Baca juga: Aldila Sutjiadi incar medali emas SEA Games Filipina


Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019