ada penambahan frekuensi pengangkutan penumpang untuk penyeberangan di Danau Toba selama libur Lebaran
Medan (ANTARA) - Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) bersama sejumlah pihak terkait sudah melakukan kesiapan pelayanan liburan Lebaran 2019, termasuk mempersiapkan  kapal-kapal yang akan melayani penumpang.

Direktur Utama BPODT Arie Prasetyo di Medan, Sumatera Utara, Senin, mengatakan, saat ini Balai Pengelolaan Transportasi Darat Sumatera Utara (BPTDSU) sedang melakukan pengecekan dan perbaikan alat komunikasi pelayaran repeater Kementerian Perhu‎bungan (Kemenhub) di Danau Toba.

Arie mengatakan untuk Repeater Kemenhub ditempatkan di 5 lokasi, yakni di Pelabuhan Tigaras, Simanindo, Ajibat, Ambarita‎, dan Tower RRI di Kabupaten Samosir.

"Kemudian juga telah dilaksanakan rampchek dari tanggal 30 April hingga 3 Mei 2019 oleh Tim Direktorat Sarana Perhubungan Darat Kemenhub didamping oleh BPTDSU. Hal ini, kita lakukan bersama untuk mencegah hal tidak diinginkan saat liburan Lebaran," katanya.

Kemudian, ia mengungkapkan pemeriksaan dan pengecekan dilakukan juga kepada Kapal Motor Penyeberangan yang dikelola oleh perorangan atau masyarakat.

"Yakni dengan melakukan pengukuran ulang, perbaikan dokumen administrasi atau dokumen kepada sekitar 60 persen kapal tradisional itu," katanya.

Arie menjelaskan prediksi puncak arus mudik menuju Kabupaten Samosir pada 28 Mei 2019, sedangkan puncak arus balik dari daerah yang sama, diperkirakan 9 Juni 2019.

Ia mengatakan pihak Kemenhub sudah menyiapkan Kapal Motor Penyebrangan (KMP) sebanyak 5 unit.

Kelima KMP itu, adalah KMP Tao Toba I dengan melayani rute Ajibata-Tomok sebanyak 5 trip selama libur Lebaran. Kemudian, KMP Tao Toba II ‎rute Ajibata-Tomok juga sebanyak 5 trip. KMP Ihan Batak rute Ajibata-Ambarita sebanyak 6 trip.

KMP Sumut I rute Tigaras-Simanindo Rute Tigaras-Simando sebanyak 7 trip dan KMP  Sumut II dengan rute yang sama sebanyak 7 trip.

"Itu semua ada penambahan frekuensi pengangkutan penumpang untuk penyeberangan di Danau Toba selama liburan Lebaran ini," katanya.


Baca juga: Angkut pemudik Danau Toba, KMP Ihan Batak siap tambah jadwal
Baca juga: Aksi bersih Parapat Danau Toba menjelang Idul Fitri

 

Pewarta: Juraidi dan Donny
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019