Di Danau Toba empat posko siaga Lebaran didirikan

id danau toba, posko lebaran,mudik

Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo (FOTO ANTARA/Donny)

Medan (ANTARA) - Sedikitnya empat posko siaga Lebaran 2019 didirikan di kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, oleh pihak terkait yang masing-masing berada di Ajibata, Ambarita, Tigaras dan Simanindo.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo di Medan, Senin, mengatakan, Balai Pengelolaan Transportasi Darat Sumatera Utara (BPTDSU) Pol Airud, SAR dan Dishub akan mendirikan 4 posko siaga lebaran di kawasan Danau Toba.

"Keberadaan posko tersebut akan sangat membantu dalam upaya memantau kondisi di lapangan selama libur Lebaran di kawasan Danau Toba," katanya.

Ia juga mengatakan Basarnas selama liburan Idul Fitri 1440 Hijriah  ‎akan melakukan patroli di sejumlah titik di kawasan Danau Toba seperti di Tomok, Ajibata, Tigaraja dan Pantai bebas.

Patroli dilakukan sembari mengawasi pengangkutan penumpang untuk mencegah kapal berlayar dengan kondisi melebihi kapasitas.

"Basarnas juga menyiapkan nomor kontak darat standby 24 jam. Kemudian, nomor mobile 115 dan nomor handpone pribadi Koordinator SAR Tobasa dengan nomor 0813-7030-7319," katanya.

Ia juga menginformasikan bahwa maskapai udara Air Asia kembali membuka rute penerbangannya, Kuala Lumpur, Malaysia-Bandara Silangit Internasional Airport Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), sejak 24 Mei 2019.

"‎Dengan pelayanan penerbangan dilakukan 4 kali dalam sepekan, yakni Senin, Rabu, Jum'at dan Minggu. Ini memberikan daya tarik untuk mendatangkan wisatawan mancanegara ke Danau Toba. Yang mana wisman kita didominasi dari Malaysia juga," demikian Arie Prasetyo.

Baca juga: Otoritas Danau Toba lakukan kesiapan sambut libur Lebaran

Baca juga: Jalur Pematangsiantar-Parapat Danau Toba dalam kondisi baik

Baca juga: Angkut pemudik Danau Toba, KMP Ihan Batak siap tambah jadwal

Pewarta : Juraidi dan Donny
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar