Posko mudik BPJS Kesehatan layani cek kesehatan hingga kursi pijat

id BPJS Kesehatan,Mudik Lebaran,Lebaran 2019

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris (tengah) meresmikan posko mudik BPJS Kesehatan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak Banten, Rabu (29/5/2019). (ANTARA/Aditya Ramadhan)

Jakarta (ANTARA) - Posko mudik BPJS Kesehatan melayani berbagai fasilitas untuk pemudik mulai dari pemeriksaan kesehatan dasar hingga menyediakan kursi pijat untuk relaksasi.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris saat meresmikan posko mudik di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak Banten, Rabu, mengatakan pihaknya menyediakan posko mudik serupa di delapan lokasi berbeda sepanjang jalur mudik.

"Kami tentu BPJS Kesehatan bagian dari pelayanan publik berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat sehingga apa yang sudah dilakukan tahun lalu itu tidak boleh berkurang, tahun ini harus semakin kita tingkatkan," kata Fachmi usai meresmikan posko mudik BPJS Kesehatan.

Delapan lokasi posko mudik BPJS Kesehatan di antaranya di Terminal Pulo Gebang Jakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Rest Area Tol Cikampek Km 57 Karawang, Rest Area Tol Purwakarta Km 88 Purwakarta, Rest Area Tol Ungaran Km 429 Semarang, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali, dan Pelabuhan Merak Banten.

Fachmi mengatakan posko mudik BPJS Kesehatan beroperasi selama 24 jam penuh mulai tanggal 29 Mei hingga 4 Juni 2019. "Beroperasi sebelum dan sesudah Lebaran, H-7 sampai H+7," kata dia.

 

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris (tengah) menemui pengunjung di posko mudik BPJS Kesehatan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak Banten, Rabu (29/5/2019). (ANTARA/Aditya Ramadhan)

Posko mudik BPJS Kesehatan di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak menyiagakan satu orang dokter umum dan dua orang paramedis yang terbagi menjadi dua shift selama 24 jam, yaitu mulai pukul 08.00-20.00 dan 20.00-08.00.

Pada posko mudik tersebut terdapat ruang untuk beristirahat yang dilengkapi dengan televisi, colokan listrik, dan dua unit kursi pijat. Selain itu ada pula ruangan untuk pemeriksaan kesehatan yang dilengkapi dengan ranjang periksa untuk pasien, meja untuk konsultasi dan cek tekanan darah, juga peralatan untuk obat-obatan.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Serang Sofyeni mengatakan layanan kesehatan posko mudik tersebut berupa fasilitas pelayanan kesehatan dasar seperti konsultasi, tindakan-tindakan kecil sederhana, serta menyediakan obat-obatan untuk penyakit diagnosa yang sederhana atau kesehatan dasar.

"Kemudian ketika memerlukan pelayanan spesialis, Rumah Sakit Cilegon siap menerima rujukan," kata Sofyeni.

Dia menjelaskan biasanya kunjungan masyarakat pada posko mudik BPJS Kesehatan mencapai 40-50 orang per hari.

Posko mudik di Pelabuhan Merak sendiri tersebar di beberapa dermaga yang diselenggarakan oleh pemerintah kota, pemerintah provinsi, dan BPJS Kesehatan.


Pewarta : Aditya Ramadhan
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar