1.338 orang asing dapat izin tinggal di Papua

id orang asing,izin tinggal,Kemenkumham,Papua

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Hermansyah Siregar. (Foto: Musa Abubar)

Jayapura (ANTARA) - Divisi Kemigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua mencatat 1.338 orang asing mendapat izin tinggal di wilayah paling timur ini.

Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Papua Hermansyah Siregar di Jayapura, Senin, menyebutkan orang asing yang memegang izin tinggal tetap sebanyak 117 orang, izin tinggal terbatas sebanyak 1.184 orang, dan pemegang izin tinggal kunjungan 37 orang.

"Itu yang terdaftar di kantor-kantor imigrasi yang punya izin tinggal," katanya.

Menurut dia, bisa saja orang asing yang misalnya dia berkunjung tanpa memperpanjang izin tinggal tentu tidak tercatat di Keimigrasian Kemkumham, tetapi tercatat di perlintasan Keimigrasian.

"Kalau memang instansi terkait membutuhkan data itu dan lebih memerlukan data yang proposional, kami bisa suplai data kepada mereka sesuai dengan kebutuhannya," katanya.

Keimigrasian Kemenkumham  Papua bisa memberikan data dan informasi terkait dengan data dan izin tinggal orang asing.

Sementara itu, yang bersinggungan dengan instansi lain, kata dia, itu bisa dilihat bagaimana singgungannya sesuai dengan masing-masing institusi.

"Bayangkan Papua ini sangat luas ada 28 kabupaten dan satu kota. Maka, instansi terkait harus berkolaborasi dengan pihak lain untuk mengawasi orang asing," katanya.

Pewarta : Musa Abubar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar