Palu (ANTARA) - Puncak arus balik lebaran oleh pemudikyang mengunakan jasa transportasi laut melalui Pelabuhan Pantoloan, Kota Palu, Sulawesi Tengah, diperkirakan terjadi minggu ini.

"Sekitar tanggal 15 ini, 16 dan 20 ini, dijadwalkan ada kapal yang masuk, dan perkiraan puncaknya arus balik lebaran," kata Kapolres Palu AKBP Mujianto melalui Kapolsek Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3) Pantoloan, Ipda I Ketut Sugiarta, di Palu, Selasa.

Untuk pengamanan perkiraan puncak arus balik lebaran itu kata dia, Kepolisian Polres Palu melalui KP3 Pantoloan telah siap dan telah menempatkan personel bersama pihak terkait di Pelabuhan.

"Untuk pengamanan arus balik lebaran di wilayah Pelabuhan Pantoloan, kami ada pos terpadu terdiri dari instansi gabungan, dari dinas kesehatan, Airud, dari TNI serta pihak terkait lainnya yang siap melaksanakan pengamanan," katanya.

Ia menyebut selain melakukan pengamanan, pihaknya juga membantu masyarakat yang turun maupun naik kapal, demi kelancaran dan memudah masyarakat yang melakukan perjalanan mengunakan jasa transportasi laut di wilayah tersebut.

"Kami juga melakukan pemeriksaan terhadap orang maupun barang penumpang, dengan sasaran sajam, handak, miras, narkoba, jamret, parkir liar, percaloan, barang bawaan penumpang dan barang ilegal lainnya," katanya.

Tujuannya lanjutnya untuk memberi rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang mengunakan jasa transportasi laut libur lebaran melalui Pelabuhan Pantoloan.

"Kita juga bersyukur selama lebaran ini berjalan aman dan lancar, hasil giat nihil. Hal-hal menonjol nihil situasi aman terkendali. Dan kita memang kerja keras untuk menekan supaya tidak terjadinya tindak kejahatan,"ujarnya.

Kapolsek KP3 Pantoloan ini menambahkan selama libur lebaran hingga saat ini ribuan penumpang telah tiba maupun berangkat dari dan ke pelabuhan Pantoloan mengunakan dua kapal yak i KM Labobar rute Palu, Tarakan, Balikpan dan Surabaya, Jawa Timur, maupun Kapal KM Lambelu.


"Ada lagi beberapa ratus penumpang yang turun maupun naik beberapa hari lalu. Intinya, selama lebaran sudah ada ribuan masyarakat yang turun maupun naik melalui pelabuhan Pantoloan," tandasnya.

Pewarta: Muhammad Arshandi
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2019