Kapolda ajak masyarakat jaga kamtibmas kondusif di Aceh

id Aceh,Polda Aceh,kamtibmas,sidang mk, mahkamah kontitusi

Kapolda Aceh Irjen Rio S Djambak didampingi Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin saat membacakan sambutan pada apel konsolidasi di Mapolda Aceh di Banda Aceh, Kamis (13/6/2019). Antara Aceh/Humas Polda Aceh

Banda Aceh (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Aceh Irjen Rio S Djambak mengajak masyarakat menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat atau kamtibmas yang kondusif di provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

"Kondisi Aceh saat ini sudah sangat kondusif. Mari kita jaga bersama kamtibmas kondusif ini untuk membangun dan mewujudkan kemakmuran masyarakat Aceh," kata Irjen Pol Rio S Djambak di Banda Aceh, Kamis.

Pernyataan tersebut disampaikan jenderal polisi bintang dua itu ketika memimpin apel konsolidasi Operasi Ketupat Rencong 2019 dan Persiapan Pengamanan Sidang PHPU 2019 di Mapolda Aceh di Banda Aceh.

Kepala Staf Kodam (Kasdam) Iskandar Muda Brigjen TNI Achmad Daniel Chardin turut mendampingi Kapolda Aceh sebagai inspektur apel. Apel diikuti unsur TNI/Polri, petugas pemadam kebakaran, petugas perhubungan, sSatpol PP dan lainnya.

Irjen Pol Rio S Djambak mengatakan, hasil Pemilu 2019 sudah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun demikian, ada perselisihan hasil pemilu yang mengharuskan penyelesaiannya di Mahkamah Konstitusi.

"Kondisi ini diperkirakan akan mempengaruhi situasi kamtibmas dan memiliki potensi konflik serta kerawanan gangguan keamanan lainnya," kata Irjen Pol Rio S Djambak menyebutkan.

Oleh karena itu, Kapolda Aceh mengajak semua komponen masyarakat meningkatkan kesiapsiagaan dan sinergitas guna mewujudkan atmosfer kamtibmas di Aceh yang sudah sangat kondusif.

"Kami juga mengajak semua berpartisipasi mengantisipasi segala kemungkinan yang timbul sebagai dampak perselisihan Pemilu 2019. Kami juga mengajak semuanya menjaga persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI," kata Kapolda.

Terkait dengan pelaksanaan Operasi Ketupat Rencong 2019 dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1440 Hijriah, Kapolda mengatakan pelaksanaannya di Aceh berjalan tanpa kendala.

"Operasi Ketupat Rencong tahun ini menunjukkan tingkat keberhasilan yang sangat baik. Kami mengapresiasi semua pihak yang terlibat. Kesuksesan Operasi Ketupat Rencong bukan hanya keberhasilan TNI/Polri, tetapi keberhasilan semua pihak, termasuk dukungan masyarakat," pungkas Irjen Pol Rio S Djambak.

Pewarta : M.Haris Setiady Agus
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar