Indonesia upayakan ASEAN sepakati pandangan bersama Indo-Pasifik

id ASEAN Indo-Pacific Outlook,KTT ASEAN ke-34,KTT ASEAN Thailand

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir (kiri) dan Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Jose Tavares (kanan) pada press briefing Kemenlu RI di Jakarta, Rabu (19/6/2019). ANTARA/Yuni Arisandy/am

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Indonesia dalam rangkaian pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-34 di Bangkok, Thailand akan mengupayakan agar negara-negara anggota ASEAN dapat menyepakati Pandangan Bersama tentang konsep Indo-Pasifik.

"Kami harap Pandangan Bersama ASEAN tentang Indo-Pasifik disetujui oleh para Menlu ASEAN lalu diadopsi oleh para kepala negara dan pemerintahan anggota ASEAN," kata Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Jose Tavares di Jakarta, Rabu.

Menurut Jose, pembahasan Pandangan Bersama ASEAN tentang Indo-Pasifik (ASEAN Indo-Pacific Outlook) itu masih terus berlangsung untuk dapat menghasilkan suatu narasi milik ASEAN sendiri tentang konsep Indo-Pasifik.

"Sekarang ASEAN merancang suatu Indo-Pacific Outlook yang masih dinegosiasikan. Itu untuk menghasilkan suatu narratif ASEAN  agar tidak perlu memilih antara geo-strategi yang konsepnya terus berkembang dan berbeda-beda yang disampaikan oleh beberapa negara," ujar dia.

Jose menjelaskan bahwa pembentukan ASEAN Indo-Pacific Outlook itu sangat penting karena bertujuan untuk mengatasi persaingan strategi geopolitik di antara negara-negara kekuatan dunia.

"Kami (negara anggota ASEAN) ingin menjadi bagian dari solusi untuk persaingan yang ada. Kami ingin mewujudkan kerja sama yang saling menghormati dan menguntungkan, bukannya persaingan," katanya.

Dia menambahkan, Pandangan Bersama ASEAN tentang Indo-Pasifik itu juga sangat penting untuk menjaga perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Asia Tenggara yang telah berlangsung dengan baik di tengah dinamika geopolitik yang berkembang cepat.

Menurut Jose, Pandangan Bersama ASEAN tentang Indo-Pasifik itu jika sudah diadopsi dapat menjadi dasar untuk membentuk kerja sama konkret yang lebih luas.

"Ini kelanjutan upaya penguatan stabilitas yang ada dan upaya untuk menjaga kawasan ASEAN, agar apa yang sudah dicapai selama 50 tahun tetap berkembang baik," ujar Jose.

Baca juga: AS dukung sentralitas ASEAN kembangkan kerja sama Indo-Pasifik
Baca juga: China pertanyakan konsep Indo-Pasifik ASEAN


Baca juga: Dirjen Tavares jelaskan kategori pembahasan pertemuan KTT ASEAN ke-34
Baca juga: Indonesia ajak ASEAN dan mitranya kembangkan konsep Indo-Pasifik

Pewarta : Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Maria D Andriana
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar