Itu sudah kita siapkan sebaik-baiknya, saat ini persiapan fokus di Tanah Air
Jakarta (ANTARA) - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin memastikan seluruh persiapan penyelenggaraan haji tahun ini khususnya untuk layanan calon jamaah di Saudi Arabia telah tuntas.

“Seluruh hotel-hotel yang akan ditempati oleh jamaah haji kita baik di Madinah maupun di Mekkah, juga katering untuk menyiapkan konsumsi, juga transportasi. Jadi praktis seluruh persiapan di Tanah Suci,” kata Lukman Hakim Saifuddin setelah acara Pembekalan Petugas Media Center Haji (MCH) 1440H/2019 di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) di Jakarta, Selasa.  

Hal itu juga dipastikannya untuk bus masyair yang mengangkut jamaah calon haji di fase Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina) dan akan beroperasi pada 8-13 Dzulhijah.

"Itu sudah kita siapkan sebaik-baiknya, saat ini persiapan fokus di Tanah Air,” kata Menag.

Menag menegaskan fokus persiapan di Tanah Air menyangkut penyelesaian dokumen-dokumen perjalanan calon haji termasuk paspor dan visa.

Hal inilah, kata dia, yang sampai saat ini masih terus dilakukan seiring dengan menunggu sebagian calon jamaah haji yang belum melunasi biaya haji.

Pihaknya memang telah mengantisipasi hal itu dengan menyiapkan 5 persen dari total kuota yang ada sebagai cadangan untuk mengantisipasi calon jamaah haji yang tidak melunasi biaya haji sehingga bisa digantikan oleh cadangan.

“Jadi mudah-mudahan kuota sebesar 231.000 termasuk 17.000 haji khusus itu bisa maksimal dan optimal kita gunakan,” katanya.


Baca juga: Dua pesan Menag untuk calon jamaah haji Indonesia
Baca juga: Menag pastikan keberangkatan jamaah haji ke Saudi dimajukan sehari
 

Pewarta: Hanni Sofia
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019