Jakarta (ANTARA) - Mall online, Blibli.com menyediakan fitur 360 derajat dan virtual reality (VR) yang memungkinkan konsumen melakukan "test drive" mobil secara virtual.

"Kini telah hadir teknologi 360 derajat dan 'virtual reality' (VR). Sebagai mal online, Blibli.com menjadi platform yang melengkapi pengalaman pelanggan saat membeli produk otomotif," ujar SVP Trade Pertnership Blibli,com Lay Ridwan Gautama dalam bincang-bincang bertema "GIIAS (Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show) Talk X Blibli.com" di Jakarta, Sabtu.

Melalui Blibli.com, lanjut dia, para pelanggan juga bisa memeriksa harga, membandingkan spesifikasi dan mendapatkan penawaran khusus yang membantu konsumen membuat keputusan untuk membeli.

Ia mengatakan dunia digital kini bersinergi dengan industri otomotif untuk memberi konsumen otomotif pengalaman yang menyeluruh ketika konsumen mencari dan membeli produk-produk otomotif, mulai dari "sparepart" hingga kendaraan bermotor.

Di tempat sama, Chief Marketing Officer Modifikasi.com, Hartono Sufi mengatakan dunia digital ternyata memberikan dampak positif bagi dunia otomotif, baik dari sisi jual-beli produk secara online hingga komunitas otomotif online.
 

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara (tengah), SVP trade Partnership Blibli.com Lay Ridwan Gautama (kanan) dalam dalam bincang-bincang bertema "GIIAS Talk X Blibli.com" di Jakarta, Sabtu (29/6/20019). (ANTARA News/Zubi Mahrofi)


Baca juga: Volvo gandeng startup Varjo ciptakan VR pengujian mobil otonom

"Dunia otomotif memiliki banyak peluang untuk menumbuhkan potensi karya baru. Kunci untuk terus berkembang adalah harus bisa jeli melihat perubahan agar bisa mengimbangi kebutuhan informasi pegiat dunia otomotif," katanya.

Sedianya, Gaikindo akan menyelenggarakan GIIAS 2019 pada 18-28 Juli 2019 di ICE, BSD City yang mengusung tema "Future om Motion", yang diartikan sebagai sebuah gerakan pengaruh teknologi pada kendaraan listrik, otonom, dan digital.

GIIAS 2019 akan menampilkan total 20 merek kendaraan penumpang, yakni Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, JEEP, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Suzuki, Toyota, VW, dan Wuling.

Pagelaran itu juga menampilkan 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, DFSK, FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Tata Motors, UD Truck.

Sementara dari karoseri akan hadir Adi Putro, Laksana, dan Tentrem. Terdapat juga 11 merek sepeda motor mulai dari Benelli, Harley Davidson, Honda, Kawasaki, Kymco, KTM, Nozomi, Piaggio, Suzuki, Vespa, dan Viar.

Baca juga: Asisten Virtual Toyota dapat diakses lewat Whatsapp

Baca juga: Atasi macet, kota Bandung siapkan kereta listrik berbasis rel virtual

 

Pewarta:
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019