Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, diundang oleh Walikota Medellin, Federico Gutiérrez, untuk menyampaikan pandangan dalam tiga forum panel pada World Cities Summit dan Mayors Forum (WCSMF) 2019 di Medellin, Kolombia, Jumat waktu setempat.

Dalam perjalanan pulang seusai menjadi pembicara pada WCSMF 2019, Anies akan singgah ke Washington D.C., Amerika Serikat, untuk memenuhi undangan menjadi pembicara dalam Forum pertemuan USINDO Luncheon yang akan diselenggarakan pada hari Senin, 15 Juli 2019.

Rute perjalanan Indonesia-Kolombia cukup panjang dan memang melewati Amerika Serikat.

Baca juga: Kemarin, Gubernur DKI ke Kolombia hingga pengalihan arus lalu lintas

Baca juga: Anies Baswedan bilang Jakmania pendukung dan tuan rumah yang baik

Baca juga: Mencermati lika-liku sampah ibukota


Dalam keterangan pers Pemerintah Provinsi DKI Jakarta disampaikan bahwa pada forum tersebut, Kamis, Gubernur diundang untuk menjelaskan isu terkini yang ada di Jakarta dan juga Indonesia.

Di antaranya masalah ekonomi, perkotaan, sosial dan pembangunan infrastruktur kota yang mencakup lingkungan hidup, transportasi, smart city, ekonomi digital, enterpreneursip dan pendidikan.

Untuk diketahui, United States – Indonesia Society, (USINDO), adalah satu-satunya organisasi non-pemerintah yang secara eksklusif didedikasikan untuk meningkatkan pemahaman Amerika Serikat tentang Indonesia, pengertian Indonesia tentang Amerika Serikat dan memperkuat hubungan di antara kedua negara dan penduduknya.

Anies tercatat beberapa kali menjadi pembicara di forum panel yang diselenggarakan oleh USINDO. Bahkan, di tahun 2001, saat masih berstatus sebagai Mahasiswa S3 di Illinois dia sudah diundang menjadi pembicara di forum yang cukup dikenal di kalangan pemerhati Indonesia di Amerika Serikat.

USINDO adalah organisasi bi-nasional yang diketuai secara bersama oleh perwakilan dari Amerika Serikat dan perwakilan dari Indonesia. Anies Baswedan tercatat pernah menjadi Board of Advisor di USINDO sejak tahun 2009, jauh sebelum dia bertugas di pemerintahan sebagai Mendikbud ataupun Gubernur.

USINDO meyakini bahwa pertukaran bilateral di bidang pendidikan memberikan fondasi terkuat bagi hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat. USINDO menjalankan program-program pendidikan baik di Amerika Serikat maupun di Indonesia.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019