PT Astra International Tbk siapkan 1.500 ekor hewan kurban

id Pt astra international, hewan kurban, astra bagi hewan kurban, idul adha 1440 hijriah, kurban sapi

Direktur Lazis Astra, Ganjar Gumilar. (ANTARAnews/Muhammad Zulfikar)

Jakarta (ANTARA) - PT Astra International Tbk menyiapkan sekitar 1.500 hewan kurban terdiri dari sapi, kambing serta domba yang akan dibagikan pada Hari Raya Idul Adha 1440 hijriah dan dihimpun dari 35 perusahaan se-Indonesia.

"Jumlah tersebut bisa saja terus bertambah karena ini baru komitmen 35 perusahaan tapi biasanya menjelang hari H itu akan ada lagi," kata Direktur Lazis Astra, Ganjar Gumilar di Jakarta, Jumat.

Ribuan ekor hewan kurban tersebut akan dibagikan di seluruh kampung berseri astra (KBA) yang tersebar hampir di setiap provinsi. Namun, dominannya masih berada sekitar kawasan Jabodetabek.

Ia mengatakan dalam mengumpulkan hewan ternak tersebut, pihak Astra langsung membeli ke kelompok peternak demi menghindari adanya praktik jual beli dengan tengkulak.

"Saya kemarin keliling ke daerah Pamijahan Bogor, ada kelompok peternak yang mengumpulkan hewan tersebut dengan tujuan mereka tidak jual ke tengkulak," katanya.

Pada 2018 PT Astra International Tbk membagikan sebanyak 171 ekor domba dan sapi sekitar 30 ekor yang juga disalurkan ke daerah Lombok karena terdampak bencana alam.

"Itu baru PT Astra International Tbk yang membagikan di sekitar sini, belum termasuk anak perusahaan lain di berbagai daerah," ujarnya.

Terkait biaya yang dikeluarkan untuk pengelolaan hewan kurban pada 2018 mencapai Rp3,01 miliar dan pada 2019 diperkirakan berkisar Rp350 miliar.

"Kita optimis ya sumbangan atau donasi untuk hewan kurban terus bertambah dan biasanya bisa mencapai 10 persen setiap tahun," katanya.

Terkait donatur, ujar dia, tidak hanya bersumber dari PT Astra International Tbk bersama anak perusahaan namun perseorangan juga aktif setiap tahunnya.

Pewarta : Muhammad Zulfikar
Editor: Budi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA

Komentar