Aceh Besar (ANTARA) - Tim Tarian Rapai Geleng asal Aceh meraih juara I pada Internasional Folklore Festival - Czech Fairy Tale 2019 yang berlangsung di Klatovy Wilayah Plzen, Republik Ceko,

Tim misi kebudayaan dari SMA Islam Al Azhar, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan yang membawakan tarian asal Aceh tersebut berhasil menghipnotis para penonton yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kami tidak menyangka bahwa tarian Rapai Geleng meraih juara pertama," kata pelatih sekaligus pendamping tim tarian Rapai Geleng, Muhammad Taufik dalam saiaran pers diterima Antara di Banda , Sabtu.

Ia menjelaskan rapai Geleng yang tampil dalam acara internasional tersebut berhasil mengalahkan peserta dari berbagai negara lainnya yang ikut berpartisipasi dalam perlombaan tarian daerah tersebut.

Ia menambahkan, atas keberhasilan tersebut pihaknya berhak mendapatkan uang tunai, sertifikat dan piala.

Selain Rapai Geleng, perlombaan yang dilaksanakan dari tanggal 11 hingga 14 Juli 2019 tersebut nantinya juga akan menampilkan tarian Ratoh Jaroe.

Kepala Badan Penghubung Pemerintah Aceh (BPPA), Almuniza Kamal menyampaikan selamat kepada tim misi budaya dari SMA Islam Al Azhar, Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan.

"Selamat kepada kawan-kawan. Terima kasih telah memilih tarian dari Aceh untuk disertakan dalam perlombaan tingkat internasional tersebut," ujarnya.

Internasional Folklore Festival - Czech Fairy Tale 2019 menghadirkan berbagai penampilan tari-tarian yang diangkat dari cerita rakyat seperti tarian klasik, tarian rakyat (termasuk tarian etnis dan sejarah), gaya tari rakyat, tari vaudeville, tari vaudeville-olahraga, garis modern, dansa ballroom dan sebagainya.

Baca juga: Tari Rapai Aceh meriahkan pameran dagang di Swiss

Baca juga: Tari Saman meriahkan malam Indonesia di Ceko

Baca juga: Tari Saman Pukau Masyarakat Newcastle Inggris


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2019