Makassar (ANTARA) - Warung kopi (warkop) di Makassar, Sulawesi Selatan, dipadati warga yang nonton bareng leg kedua final Piala Indonesia yang tertunda antara PSM Makassar versus Persija Jakarta, Selasa.

Sebagian warga mengenakan baju kesebelasan PSM Makassar sebagai bentuk dukungan terhadap tim kesayangannya yang berlaga di Stadion Andi Mattalatta eks Stadion Mattoangin di jalan Cenderawasih Makassar.

"Dari pada kita berdesak-desakan di stadion dan tiket sudah habis mending nonton bareng di warkop," tutur Andi di Warung Ex Bro Makassar.

Tidak hanya di warkop tersebut, beberapa warkop ternama seperti Suka, Dottoro dan lainnya juga dipadati warga menonton bareng yang disiarkan langsung di televisi nasional.

Saat pertandingan berjalan di menit ke-3 ketiga, skuad tim pasukan juku eja berhasil melesatkan bola ke gawang Persija, gol diciptakan Airin Evans, membuat penonton langsung bersorak hingga suasana riuh dengan suara penonton.

Serang menyerang antara dua kesebelasan hingga skuad Persija berusaha mencetak bola namun selalu kandas dihalau pertahanan pasukan Ramang, julukan dari PSM Makassar. Hingga turun minum skor masih 1-0.

Di babak kedua, tim Persija mencoba mencari celah pertahanan PSM untuk menyamakan kedudukan, mengingat agregat skor pada pertandingan itu masih 1-1.

Kejutan kembali terjadi, saat pesepakbola Zulham Zamrun melesatkan kembali bola ke gawang Persija pada menit ke-50, sontak suara penonton di warkop kembali riuh dan membuat suasana menjadi meriah.

Hingga pertandingan usai, skor masih 2-0 untuk PSM, dengan agregat 2-1. Sebelumnya, tim Macan Kemayoran julukan Persija Jakarta unggul 1-0 saat bertanding kandang di Stadion GBK Jakarta mengalahkan PSM Makassar di leg pertama.

Hasil pertandingan tersebut membuat PSM Makassar menjadi juara Piala Indonesia tahun 2019 dan tentunya masyarakat Makassar sangat senang hasil dari pertandingan itu.

Sebelumnya, pertandingan laga final tersebut mendapat pengawalan ketat dari aparat keamanan. Sebanyak 5.000 personil beserta kendaraan taktis diturunkan untuk mengamankan jalannya pertandingan hingga usai, mengingat pada pertandingan lalu ditunda dengan alasan keamanan.

Usai pertandingan para suporter yang nonton di warkop berpawai keliling kota menggunakan kendaraan mereka sambil meneriakkan yel-yel kemenangan.

Baca juga: PSM siap ladeni Persija di final Piala Indonesia

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019