Ada yang tahu apa itu hari Bhayangkara? [VIDEO]

Hari Bhayangkara adalah hari penting bagi Kepolisian Nasional. Dengan keluarnya Peraturan Presiden No 11 Tahun 1946 pada tanggal 1 Juli 1946, setiap tanggal 1 Juli menjadi perayaan hari Bhayangkara. 

Hari Bhayangkara bukanlah hari lahir kepolisian RI. Kata 'Bhayangkara' muncul sejak masa kerajaan Majapahit, yang merupakan pasukan khusus untuk melindungi raja dan kerajaan. Istilah Bhayangkara populer saat itu dan merupakan pasukan khusus bentukan Mahapatih Gajah Mada. 

Pada saat kedudukan kolonial Belanda, pasukan pengamanan digunakan sebagai pengawas harta masyarakat Eropa. Saat pendudukan pemerintahan Jepang, kepolisian dibagi dalam beberapa wilayah per pulau.

Setelah kemerdekaan, pasukan kepolisian tetap eksis dan bernaung di bawah lingkungan Kementerian Dalam Negeri. Saat itu, polisi bernama Djawatan Kepolisian Negara yang hanya bertanggung jawab masalah administrasi, sedangkan masalah operasional dilimpahkan kepada Jaksa Agung.

Kemudian mulai tanggal 1 Juli 1946 dengan Penetapan Pemerintah tahun 1946 No. 11/S.D. yang menyatakan bahwa Djawatan Kepolisian Negara bertanggung jawab langsung kepada Perdana Menteri. Sejak tanggal 1 Juli inilah yang setiap tahun diperingati sebagai Hari Bhayangkara, hingga saat ini.