Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Irawati kembali mengingatkan sekaligus mengajak kesadaran seluruh lapisan masyarakat di provinsi tersebut, agar mematuhi berbagai anjuran pemerintah daerah terkait upaya pencegahan penyebaran virus corona atau COVID-19.

Anjuran itu berupa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta tetap berada di rumah merupakan langkah paling nyata untuk mempercepat berakhirnya pandemi COVID-19, kata perempuan yang akrab disapa Ira ini di kepada wartawan melalui pesan singkat di Palangka Raya, kemarin.

"Rajin-rajin cuci tangan menggunakan sabun dengan air yang mengalir harus terus menerus dilaksanakan. Dan, jangan lupa, jikapun harus terpaksa keluar rumah untuk kepentingan mendesak, tetap gunakan masker," tambahnya.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan II meliputi Kabupaten Kotawaringin Timur dan Seruyan itu juga mengajak agar semua saling berbagi satu sama lainnya. Di mana orang-orang yang mampu dan memiliki rezeki berlebih, dapat berbagi dengan kurang mampu dan memiliki penghasilan sedikit lebih.

Dia mengakui pandemi COVID-19 ini membuat perekonomian masyarakat menjadi sangat terganggu, sehingga dibutuhkan gotong royong dan saling membantu antara masyarakat. Dengan begitu, berbagai kesulitan yang ditimbulkan pandemi COVID-19 ini bisa dilewati secara bersama-sama.

"Sekalipun itu bantuan ala kadarnya, ya setidaknya kita saling berbagi. Mari kita tunjukkan rasa solidaritas kita sebagai umat manusia," kata Ira.

Baca juga: Rapat bahas realokasi APBD melalui daring dianggap kurang optimal

Anggota Komisi 1 DPRD Kalteng itu membenarkan bahwa dirinya sudah beberapa kali memberikan bantuan berupa sembako ke sejumlah masyarakat di Kabupaten Kotawaringin Timur. Di mana masyarakat yang mendapatkan bantuan sembako tersebut yakni masyarakat kurang mampu, pekerja harian, dan pelaku usaha kecil.

Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu pun memastikan teknis dalam penyaluran bantuan tersebut, tetap memperhatikan berbagai protap kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, seperti menjaga jarak (sosial atau physical distancing), selalu menggunakan masker, sering-sering mencuci tangan dengan menggunakan sabun dengan air yang mengalir.

"Saya berharap bantuan berupa sembako serta minuman bervitamin yang di berikan kepada masyarakat tersebut dapat bermanfaat," demikian Ira.

Baca juga: Segera lelang paket proyek tak terkena penyesuaian anggaran COVID-19

Baca juga: DPRD dorong pemprov jadikan pesisir Kalteng lokasi ternak itik

Baca juga: DPRD Kalteng berharap orang tua motivasi anak belajar di rumah

Pewarta : Jaya Wirawana Manurung
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024