Palangka Raya (ANTARA) - Satuan Sabhara Polresta Palangka Raya siap mengamankan proses jalannya pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020.

Kepala Satuan Sabhara Polresta Palangka Raya AKP Gatoot Sisworo, Selasa mengatakan, menjelang pesta demokrasi lima tahun sekali itu pihaknya terus berupaya meningkatkan kesiapannya.

"Kami sudah siap mengamankan jalannya Pilgub tahun ini. Satuan Sabhara Polresta Palangka Raya hari ini juga menggelar seluruh peralatan dan perlengkapan pengamanan Pilgub di Mapolresta setempat," katanya di Palangka Raya.

Perwira Polri berpangkat balok tiga itu menjelaskan, persiapan dalam pengamanan pilgub nantinya meliputi pengendalian massa (dalmas), baik itu awal maupun lanjutan yang digunakan sesuai dengan eskalasi massa.

Dalmas awal digunakan untuk menghadapi massa bereskalasi hijau yang berarti aman dan damai, sedangkan eskalasi kuning meningkatkan pengamanan untuk menghadapi potensi kerawanan yang mulai terjadi.

"Maka dari itu hari ini kami untuk memahirkan penggunaan peralatan, sehingga ketika bertindak saat ada gangguan kamtibmas bisa difungsikan sesuai manfaatnya," ucap Gatoot.

Peralatan yang sudah dipersiapkan jajaran Polresta Palangka Raya dimulai dari tali dalmas, alat pemadam api ringan atau APAR, tameng 'body protector' dan senjata gas air mata.

Selain menggelar penggunaan peralatan, pihaknya juga sudah berlatih dalam mengendalikan massa apabila situasi pada saat pelaksanaannya terjadi gangguan.

"Saya berharap semoga Pilgub Kalteng tahun ini terlaksana dengan aman dan damai, sebagai wujud demokrasi yang dijunjung tinggi di Negara Kesatuan Republik Indonesia," ungkapnya yang juga pernah menjabat Kasat Reserse Narkoba Polresta Palangka Raya itu.

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024