Tamiang Layang (ANTARA) - Ketua Komite Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas melalui Koordinator Pencegahan dr Simon Biring mengatakan, ada tujuh pasien COVID-19 yang dinyatakan sembuh.

"Hasil tes usap mereka menunjukkan negatif COVID-19. Mereka diperbolehkan pulang," katanya saat dihubungi dari Tamiang Layang, Sabtu.

Pasien sembuh yakni NB (36), H (27), F (38), VG (27), SD (30), S (42) dan DAA (16). Selain kesembuhan, ada penambahan tiga warga terkonfirmasi COVID-19 yakni nona ADP (27), tuan R (46) dan nyonya A (45).

"Nyonya A ini yang meninggal asal Kecamatan Dusun Tengah kemarin. Hasil tes usapnya positif. Setelah dilakukan pelacakan pada kontak eratnya, didapati tuan R terkonfirmasi positif COVID-19," jelasnya.

Tuan R merupakan orang yang masih satu rumah dengan nyonya A dan memiliki hubungan keluarga. Nyonya ADP dan tuan R sudah dirawat di RSUD Tamiang Layang.

"Secara kumulatif ada 84 warga terkonfirmasi COVID-19 di Bartim, terdiri dari pasien yang sudah sembuh, masih dalam perawatan dan meninggal," ungkapnya.

Simon meminta masyarakat tetap memakai masker saat berada di luar rumah, menjaga jarak dan rutin mencuci tangan sebagai upaya pencegahan dari penyebaran maupun penularan COVID-19.

Kepala Dinas Kesehatan Bartim itu juga meminta seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN), agar meningkatkan disiplin diri dalam menerapkan protokol kesehatan, baik saat datang maupun pulang dari tempat kerja.

"ASN hendaknya menjadi panutan dalam penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat," ungkapnya.


Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 4
Copyright © ANTARA 2024