Palangka Raya (ANTARA) - Perusahaan Listrik Negara Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (PLN UP3) Palangka Raya menyiapkan 445 petugas yang akan bersiaga selama Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Sebanyak 445 petugas itu akan siaga selama 24 jam untuk mengantisipasi gangguan jaringan listrik selama Idul Fitri 2021 dan kecukupan pasokan listrik," kata PLH Manager PLN UP3 Palangka Raya Tukiyo di Palangka Raya, Jumat.

Sementara itu untuk sarana pendukung yang disiapkan berupa 12 unit motor, 75 unit mobil, tujuh genset, dua UPS, enam unit gardu bergerak, satu crane dan UCLB yang tersedia di sembilan posko.

Selain itu juga di wilayah Palangka Raya PLN juga akan melakukan peningkatan keandalan pasokan listrik ke seluruh wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah.

"Peningkatan ini meliputi inspeksi Jaringan listrik, menyiagakan personel, melakukan pemeliharaan jaringan dan menyiapkan material cadangan. Termasuk di PLN UP3 Palangka Raya," kata Tukiyo.

Baca juga: Pemprov dukung penggunaan mobil listrik sebagai alat angkut masa depan

Kepastian kelancaran pasokan listrik ini juga untuk mendukung pemerintah terkait larangan mudik. Dengan pasokan listrik lancar warga akan memiliki banyak hiburan melalui beroperasinya berbagai alat elektronik seperti televisi, telepon genggam dan jaringan internet.

Dalam rangka memastikan kesiapan personel dan peralatan PLN UP3 Palangka Raya juga menggelar Apel siaga menyambut Idul Fitri 1442 H, pada Jumat, di kantor PLN setempat yang diikuti pegawai PLN dan petugas Pelayanan Teknik Siaga kelistrikan selama Ramadhan.

Di sisi lain masyarakat diminta memanfaatkan aplikasi new PLN Mobile yang memberikan jaminan kemudahan untuk pelanggan hanya dalam satu aplikasi meliputi kemudahan pembayaran dan pembelian token listrik, mekanisme pengaduan keluhan dan gangguan kelistrikan, pemeriksaan riwayat transaksi dan pemakaian energi listrik bulanan, pelaporan angka stan kWh meter secara mandiri, bahkan proses perubahan daya.

Melalui aplikasi new PLN Mobile adalah fitur pembayaran tagihan dan pembelian token listrik yang integrasi sistem perbankan, seperti Bank BNI, Mandiri, BRI dan BCA.

Baca juga: Lima desa di Barsel belum teraliri listrik

Sedangkan layanan pembayaran digital yang tersedia meliputi LinkAja, Ovo dan Gopay sehingga semakin memudahkan pelanggan membayar tagihan serta pembelian token melalui aplikasi new PLN Mobile.

Fitur unggulan lain dalam aplikasi new PLN Mobile yang memberikan jaminan kemudahan untuk pelanggan adalah mekanisme pengaduan gangguan kelistrikan dan keluhan pelayanan kelistrikan tanpa pulsa seluler.

Melalui aplikasi new PLN Mobile, Pelanggan dapat juga melihat progres atau melacak status penanganan gangguan yang sedang dilakukan oleh petugas PLN terhadap laporan pelanggan, mulai dari waktu laporan diterima, status petugas menuju lokasi gangguan, status pekerjaan penanganan gangguan oleh petugas hingga status permasalahan pelanggan selesai diatasi.

Selain itu, pelanggan juga dapat melakukan proses perubahan daya serta memeriksa riwayat transaksi pembayaran tagihan atau pembelian token listrik serta jumlah kWh listrik yang digunakan oleh pelanggan.*

Baca juga: Legislator Kalteng : Percepat pemasangan jaringan PLN di Seruyan

Baca juga: DPRD dorong PLN wujudkan Kotim terang hingga ke pelosok

Baca juga: Lokasi pembangunan SUTT 150 kV Kalbar - Kalteng ditetapkan

Pewarta : Rendhik Andika
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024