Kuala Kurun (ANTARA) - Kapolres Gunung Mas, Kalimantan Tengah, AKBP Irwansah menyatakan bahwa pihaknya telah mendirikan tiga pos pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di wilayah setempat.

Tiga pos pengamanan tersebut dibangun di tiga Kecamatan Sepang, Kurun, dan Rungan Barat, ucapnya usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Lilin Telabang, di Kuala Kurun, Kamis.

“Pos pengamanan tersebut dibangun dengan tujuan yakni untuk membantu masyarakat kita, yang akan merayakan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Gunung Mas,” sambung Irwansah.

Dia menyebut, Polres Gunung Mas melibatkan 60 personel. Jumlah tersebut belum termasuk personel dari TNI, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan.

Selain itu, Polres Gunung Mas juga melibatkan mitra dan potensi masyarakat yang ada di Gunung Mas. Mereka sudah menyatakan siap membantu mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru.

Baca juga: Kaum perempuan Gumas diharap jadi inspirasi bangun ketahanan keluarga

Dari hasil koordinasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Gunung Mas, tutur dia, diperkirakan perayaan Natal 2022 akan semakin padat mulai 23 hingga 25 Desember 2022.

“Untuk tempat ibadah yang besar, kami akan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait, dalam membantu melakukan pengamanan. Kami juga meminta masing-masing gereja untuk melakukan pengamanan internal,” bebernya.

Lebih lanjut, Polres dan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas juga sudah mengantisipasi berbagai kerawanan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah setempat. Salah satunya adalah potensi kemacetan di jalan.

Menurut dia, Polres bersama Pemkab Gunung Mas dan TNI telah menyiapkan tim khusus, untuk melakukan pengamanan di beberapa titik ruas jalan yang rawan terjadi kemacetan.

“Selain itu masalah minuman keras. Kami akan melakukan operasi terhadap minuman keras. Kepada masyarakat saya minta untuk menahan diri. Jangan sampai Natal dan Tahun Baru dicederai dengan kegiatan-kegiatan yang kurang bermanfaat,” demikian Irwansah.

Baca juga: Jelang Nataru, Bupati Gumas pastikan stok bapok aman

Baca juga: Bupati imbau Batamad Gunung Mas jaga kekompakan dan terus bersinergi

Baca juga: 144 peserta calon anggota PPK di Gumas jalani seleksi wawancara

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024