Nanga Bulik (ANTARA) - Bupati Lamandau, Kalimantan Tengah Hendra Lesmana mengatakan, per 1 Desember 2022 kabupaten setempat telah mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau lebih dari 95 persen penduduk telah terdaftar ke dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan.

"Ini menjadi bukti nyata perhatian dari pemerintah daerah kepada masyarakat Lamandau di bidang kesehatan," katanya di Nanga Bulik, Selasa (14/2).

Dia menegaskan, aspek kesehatan merupakan salah satu yang menjadi fokus Pemerintah Kabupaten Lamandau untuk memastikan seluruh masyarakat mendapat jaminan pelayanan kesehatan.

Baca juga: Job Fair Lamandau diikuti belasan penyedia lowongan kerja

Oleh karenanya sebagai bentuk sinergi dan kolaborasi antara pemangku kepentingan, BPJS Kesehatan meluncurkan Universal Health Coverage Kabupaten Lamandau bertepatan dengan pelaksanaan Job Fair 2023 di GPU Lantang Torang.

Universal Health Coverage merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau.

Baca juga: Lamandau giatkan upaya pencegahan stunting

Pada acara tersebut juga diserahkan tiga buah ambulans untuk tiga kecamatan, yaitu Puskesmas Bulik, Merambang, dan Bayat.

"Pemkab Lamandau bersama pemangku kepentingan lainnya termasuk BPJS Kesehatan, terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan untuk memberi yang terbaik kepada masyarakat," katanya.


Baca juga: Bupati Lamandau apresiasi Jamda ke-10 YKRI Kalteng


Baca juga: Pemkab Lamandau optimalkan pengembangan sektor pariwisata


Baca juga: Laksanakan Safari Jumat, ini pesan Bupati Lamandau
 

Pewarta : Yansyah/Arif Hidayat
Uploader : Admin Kalteng
Copyright © ANTARA 2024