Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Abdurahman Amur mendorong agar dilakukan pembenahan maupun dilengkapinya sarana prasarana pada RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo Kuala Kapuas.

"Kalau bisa ke depan bangunlah rumah sakit bertingkat yang layak," kata Abdurahman Amur di Kuala Kapuas, Kamis.

Hal itu disampaikan politisi dari Partai Golongan Karya (Golkar) tersebut usai mengikuti Rapat Dengar Pendapat Komisi IV DPRD Kapuas bersama dengan jajaran RSUD dr Soemarno Sostroatmodjo.

Keinginannya untuk dibangun bertingkat, karena lahan rumah sakit yang ada sudah tidak cukup untuk dibangun secara meluas. Dengan dibangun bertingkat, maka tidak akan menggunakan lahan yang begitu banyak.

"Perlu ke depan ini, rumah sakit kita harus dibangun bertingkat seperti daerah-daerah lain yang maju. Jangan dibangun konsepnya tahun 80-an, kita harapkan konsepnya yang modern," harapnya.

Baca juga: Mantan Komisioner KPU Kapuas divonis empat tahun penjara

Menurutnya, rumah sakit yang ada sudah selayaknya dilakukan pembenahan maupun perbaikan, karena bangunan yang ada dinilai sudah cukup tua dan banyak mengalami kerusakan.

Dia menjelaskan, rumah sakit di daerah setempat merupakan penyumbang terbesar Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun dalam hasil RDP yang disampaikan jajaran rumah sakit disampaikan keluhan terkait dana untuk perbaikan terkadang tidak ada.

"Perbaikan ruang inap pasien dan beberapa sarana prasarana maupun peralatan yang ada perlu diperhatikan. Begitu juga dengan pagar pembatas rumah sakit yang kondisinya saat ini memprihatinkan," tegasnya.

Dalam waktu dekat, Komisi IV DPRD akan menjadwalkan berkunjung ke rumah sakit untuk melihat secara langsung kondisinya.

"Mari kita sama-sama memperjuangkan rumah sakit ini, supaya peralatannya lengkap, begitu juga SDM-nya. Jadi supaya tidak ada lagi rujukan keluar, bahkan kalau bisa menerima rujukan-rujukan dari kabupaten lain," demikian Abdurahman Amur.

Baca juga: Pemkab Kapuas laksanakan serah terima jabatan Kadiskominfo

Baca juga: Tenaga kontrak Satpol PP Kapuas jalani uji kompetensi

Baca juga: DPRD Kapuas pejabat baru dilantik dapat meningkatkan kinerja SOPD

Pewarta : All Ikhwan
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024