Sukamara (ANTARA) - Sekretaris Daerah Sukamara, Kalimantan Tengah, Rendi Lesmana mengikuti kegiatan benchmarking di Sydney sejak 8 Mei-12 Mei 2023 bersama rombongan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia.

“Rombongan LAN RI tersebut terdiri dari 37 orang yang dipimpin oleh Sekretaris Utama LAN Reni Suzanna, Deputi Bidang Penyelenggaraan Kompetisi LAN Dr. Baseng, Wali Angkatan LVI Dr Makhdum Priyanto," katanya dihubungi dari Sukamara, Sabtu.

Rendi menjelaskan, dari berbagai kementerian/lembaga, dirinya juga menjadi salah satu peserta Pendidikan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I Angkatan LVI 2023 yang berasal dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

Disampaikannya, pada hari pertama setiba di Sydney, rombongan LAN RI diterima Konsulat Jenderal RI untuk New South Wales, Queensland, dan South Australia di Sydney.

Dalam pertemuan tersebut, para peserta memperoleh informasi tentang ekonomi, investasi dan perdagangan secara keseluruhan di Australia terutama berkaitan peluang investasi dan kerja sama antara Indonesia dan Australia (Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA CEPA).

Selanjutnya, para peserta juga melakukan pertemuan dengan Director of The Indonesian Investment Promotion Centre (IIPC) Sydney Haryo Yudho Sedewo dan Direktur Indonesia Trade Promotion Centre (ITPC) Sydney Christophorus Barutu. Dalam pertemuan tersebut, didapatkan gambaran tentang kebijakan dan regulasi investasi di Australia.

Baca juga: Wabup Sukamara: Kirab pemilu jadi ajang mensosialisasikan parpol ke masyarakat

Kedua Lembaga ini dapat membantu berkenaan peningkatan investasi antar dua negara serta dapat memfasilitasi hingga kerja sama antara sister sister state/city/province.

"Banyak peluang untuk Pemprov Kalteng yang dapat dilaksanakan, misalkan di bidang perdagangan dan investasi, pendidikan, pertukaran pelatihan pegawai, pendidikan vokasi, maupun pengelolaan taman nasional/suaka margasatwa,” tuturnya.

Lebih lanjut disampaikan, pada hari kedua, para peserta dibagi menjadi dua kelompok, dimana kelompok pertama mengunjungi Department of Enterprise, Investment, and Trade of New South Wales Government, dan kelompok kedua mengunjungi Destination New South Wales.

Baca juga: Wabup Sukamara: Perempuan menjadi tokoh sentral dalam membentuk karakter bangsa

 

Baca juga: Mengacu hasil SSGI, hasil penanganan stunting di Sukamara tunjukkan tren positif


Pewarta : Donefrid Lalang
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024