Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, bersama DPRD, Polri dan TNI serta elemen lainnya melakukan rapat koordinasi persiapan pemilihan kepala desa di 35 desa, yang akan dilaksanakan 9 Juni 2023.

Bupati Murung Raya Perdie M Yoseph usai membuka rapat koordinasi di Aula Setda Gedung B di Puruk Cahu, Selasa, mengatakan bahwa rakor ini bertujuan untuk menyatukan persepsi dan langkah apa saja yang dilakukan dalam menghadapi Pilkades serentak.

"Jadi, pada saat pelaksanaannya dapat berjalan secara lancar, baik dan kondusif," tambahnya.

Menurut dirinya, rapat koordinasi ini juga diperlukan sebagai upaya meminimalisir masalah dan hal-hal yang berpotensi menimbulkan gesekan-gesekan di tengah-tengah masyarakat, baik antar kandidat maupun antar pendukung.

Dalam kesempatan tersebut juga Perdie mengajak kepada semua seluruh pihak untuk menjaga semangat demokratis sehingga Pilkades yang akan berlangsung sesuai dengan amanat Pancasila sebagai dasar Negara.

"Saya juga titip pesan agar Panitia Pilkades dapat menjalankan amanah serta tugas dan tanggung jawab dengan selalu berpedoman pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku," tambah Perdie.

Tidak hanya itu, Perdie juga mengucapkan terima kasih kepada penyelenggara pilkades serentak yang akan dilaksanakan pada jumat nanti,  serta berharap pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan yang harapkan.

Baca juga: Kondisi cuaca berbeda, Wabup Murung Raya ingatkan JCH perhatikan kondisi kesehatan

Sebelumnya Ketua Pilkades serentak Murung Raya tahun 2023, Serampang mengatakan pesta demokrasi tingkat desa sudah melewati dua tahap, yakni tahap persiapan serta pencalonan, dan sebentar lagi akan memasuki tahap pemungutan suara.

"Setelah itu akan memasuki tahap penetapan dan kepala desa terpilih akan dilantik pada tanggal 21 Agustus 2023. Pilkades tahun ini diikuti sebanyak 112 calon yang sudah lulus seleksi persyaratan untuk mengikuti Pilkades," jelas Serampang.

Baca juga: Sekda Murung Raya lantik delapan pejabat fungsional

Baca juga: Distransnaker Murung Raya buka posko pengaduan THR

Baca juga: Duta Genre Murung Raya diharapkan jadi figur teladan

Pewarta : Supriadi
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024